Elfanda Ananda: Tidak Etis Mengundang OPD dan Camat Sebelum Bupati Dilantik....

Medan,DP News

Merebaknya undangan Pokja Transisi Bupati/Wakil Bupati Samosir periode 2021-2024 menuai sejumlah tanggapan.Pengamat Kebijakan Publik Elfanda Ananda berpendapat tersebut tidak etis kalau belum dilantik sudah mengundang OPD dan Camat.Selain etika tentunya OPD dan Camat secara administrasi di bawah pemerintahan kabupaten sehingga tidaklah benar mengundang OPD dan Camat tanpa ada koordinasi dengan Pj Bupati.

Elfanda justru menyayangkan baik pengundang maupun yg diundang mengabaikan hal tersebut. Harusnya yang paham aturan menegakkan aturan dan yang tidak paham supaya diberikan pemahaman.

" Jangan sampai yang bakal duduk sebagai bupati dan ASN yg ada melakukan pelanggaran baik etika maupun administrasi"ujarnya menanggapi undangan Pokja Transisi kepada para OPD dan Camat se- Kabupaten Samosir padahal bupati/wakil bupati terpilih belum dilantik.

Bahkan lebih jauh kata Elfanda,harusnya sistem pemilihan langsung jangan dicederai oleh praktik praktik yang merusak tatanan etika dan administrasi. Sebab, pemilihan langsung hakikatnya kepercayaan publik yg diemban pada bupati harus dipertanggubgjawabkan

Sebagai ASN katanya mereka itu dibiayai oleh rakyat dan harus patuh pada aturan. Walaupun pada praktiknya sulit dihindari undangan seperti itu bagi ASN, tapi harus dipastikan para OPD dan Camat tidak merusak tatanan tsb.

Sebagai bupati terpilih di  Pemilukada harusnya memberi tauladan pada ASN agar nantinya mereka patuh dan benar benar tunduk pada aturan yang ada.

Sebagaimana diberitakan,Pj Bupati Samosir Harianto Butar-butar tidak ada memberi izin kepada para OPD dan Camat menghadiri acara tersebut.

Sampai 4 Jam 

Sementara itu,Sekretaris Pokja Transisi Megianto Sinaga sampai pukul 14.40 WIB bel bersedia memberi penjelasan walau sudah janji sejak pukul 10.40 WIB.Hampir 4 jam Megianto tidak juga menepati janjinya.

"Bentar kukirim releasenya" ujarnya singlat melalui WA sekitar pukul 10.40 WIB.

Sesuai jadwal dalam undangan pukul 15.00 WIB tercatat OPD yang hadir adalah Dinas Sosial,Dinas Kesehatan,Dinas Pendidikan,Dinas Dukcapil,RSUD Hadrianus Sinaga dan kumpul di Vantas Hotel Pangururan.(Tim DP News/rd)