Gempa 6,4 M Guncang Malang: Warga Menjerit dan Panik...24 Kota Terdampak Guncangan.....

Jakarta,DP News

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur pada hari ini, Sabtu (10/4). Sejumlah daerah terdampak guncangannya.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ungkap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan resmi.

Sejauh ini, BMKG memastikan belum ada aktivitas yang menunjukkan akan terjadi gempa bumi susulan (aftershock). Pantauan ini berdasarkan kondisi per pukul 14.25 WIB.

"Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tambahnya.

Berikut daftar daerah yang terdampak guncangan gempa:

1. Turen V MMI

2. Karangkates

3. Malang

4. Blitar IV MMI

5. Kediri

6. Trenggalek

7. Jombang III-IV MMI

8. Nganjuk

9. Ponorogo

10. Madiun

11. Ngawi

12. Yogyakarta

13. Lombok Barat

14. Mataram

15. Kuta

16. Jimbaran

17. Denpasar III MMI

18. Mojokerto

19. Klaten

20. Lombok Utara

21. Sumbawa

22. Tabanan

23. Klungkung

24. Banjarnegara II MMI

Sementara itu dikutip dari indozone menyebutkan gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo sebesar 6,7 di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kejadian itu diinformasikan melalui akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG).

Sebuah video amatir yang diunggah oleh seorang pengguna Youtube bernama petani milenial nusantara memperlihatkan detik-detik saat para mahasiswa panik menuruni tangga saat terjadi gempa di Malang.

Diketahui, video tersebut direkam di UNISMA (Universitas Islam Malang). Terlihat mahasiswa itu menjerit sambil menuruni tangga untuk keluar dari ruangan.

Mereka khawatir bangunan itu roboh akibat gempa berkekuatan M 6,7 tersebut.

Pada video itu, si perekam video mengatakan trauma dengan kejadian gempa tersebut.

"Trauma aku gara-gara udah ngerasain dulu," ujar si perekam dalam video.

Dalam video itu terlihat para mahasiswa tampak panik berhamburan di luar ruangan. Mereka tampak duduk untuk menenangkan diri.

Sc

Seperti diketahui, sebelumnya terjadi gempa dengan magnitudo sebesar 6,7 di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dalam cuitannya, BMKG mengatakan gempa tersebut terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Titik koordinat lokasi gempa adalah 8.95 Lintang Selatan,112.48 Bujur Timur.

"Info Gempa Mag:6.7, 10-Apr-21 14:00:15 WIB, Lok:8.95 LS,112.48 BT (90 km BaratDaya KAB-MALANG-JATIM), Kedlmn:25 Km ::BMKG," tulis BMKG yang dikutip Indozone.

BMKG pun menginformasikan kalau gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami.

Gempa bumi bekekuatan magnitudo 6,7 berpusat di laut atau 90 kilometer barat daya dari Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4).

Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4). Ilustrasi (Istockphoto/ Petrovich9)

Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4).

"Tidak berpotensi tsunami," mengutip keterangan BMKG lewat akun Twitter @infoBMKG, Sabtu (10/4).

Sejumlah warga menyatakan getaran gempa terasa sampai di Surabaya dan Yogyakarta.

(CNN Indonesia/indozone/rd)