Menag: Mari Kita Jalankan Ibadah Puasa Dengan Khusyuk

Jakarta,DP News

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat Islam menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Ia meminta Ramadan tak dicederai dengan hal-hal yang menjauhkan dari hikmah Ramadan itu sendiri.

Hal itu ia sampaikan usai pemerintah menetapkan awal Ramadan jatuh pada Selasa (13/4).

Yaqut mengucapkan selamat ibadah puasa kepada umat Islam Indonesia. Ia berharap Ramadhan kali ini dijalankan dengan penuh ketenangan.

"Mari kita ciptakan suasana Ramadan dengan kekhusyukan, ketenangan, tanpa kita cederai dengan hal-hal yang justru menjauhkan kita dari hikmah Ramadan itu sendiri," kata Yaqut usai sidang isbat seperti disiarkan kanal Youtube Kemenag RI, Senin (12/4).

Yaqut berharap Ramadan kali ini jadi momentum rohani bagi muslim Indonesia. Dia menyarankan muslim untuk memperbanyak zikir dan membaca Alquran.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengimbau umat Islam menjadikan bulan ini hanya untuk Allah SWT. Dia mendoakan agar seluruh umat Islam di negeri ini mendapat berkah Ramadan.

"Insya Allah Ramadan ini juga akan membuat Covid segera berlalu dari muka bumi, khususnya dari Indonesia," tutur Yaqut.

Sidang Isbat kali ini menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (13/4). Umat Islam di Indonesia bisa memulai rangkaian ibadah Ramadan dengan salat tarawih malam ini.Sebelumnya, pemerintah menggelar Sidang Isbat menentukan awal Ramadan. Sidang digelar usai pemantauan hilal digelar di 88 lokasi di seluruh Indonesia.(CNNIndonesia/rd)