Besok...31 Kadis,Asisten dan Staf Ahli Pemko Medan Diseleksi Ulang...

Medan,DP News

Berita terkini di Pemko Medan,sebanyak 31 pejabat Pratama setingkat kepala dinas ,asisten dan staf ahli kabarnya diseleksi  ulang.Seluruh pejabat tinggi Pratama setingkat asisten, kepala dinas dan staf ahli dijadwalkan,Senin(3/5) bakal mengikuti uji ulang kompetensi dengan tahapan paparan makalah dan wawancara mulai pukul 09.00  di  Lantai II Kantor Walikota Medan.

Sementara informasi dihimpun,minggu lalu juga para pejabat tinggi Pratama tersebut sudah mengikuti asesmen dengan ujian tertulis.Dan dari penelusuran DP News lewat website bkd.pemkomedan.co.id yang ditandatangani Ketua Pansel Wiriya Alrahman sudah menjadwalkan,Senin besok lengkap dengan nama nama pejabat yang akan diuji kompetensi.

Secara rinci,tidak ada dijelaskan maksud seleksi tersebut namun disebutkan didasari Surat Menpan-RB RB dan SK Walikota Medan tertanggal 1 April.

Namun pelaksanaan uji kompetensi agak mengherankan karena 2 orang kepala dinas sudah mau pensiun Agustus dan Desember nanti dengan batas usia 60 tahun.Penelusuran ternyata hanya satu orang saja kepala dinas yang sudah mau pensiun dipanggil sementara satu orang lagi tidak diikutkan lagi.

Sesuai jumlah pejabat eselon II Pemko Nedan seharusnya uji ulang ini diikuti 40 orang namun ada yang masih kosong karena pejabatnya pensiun dan meninggal dunia.

Beberapa waktu lalu,ada yang sudah dilelang namun sampai sekarang belum dilantik.Adapun 5 jabatan eselon II yang dilelang antara lain Asisten Pemerintahan dan Sosial,Sekretaris DPRD Medan, Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan.

Sementara yang lainnya seperti Kepala Inspektorat,Staf Ahli Bidang Bidang Hukum dan Politik masih kosong dan belakangan Kadis Kesehatan karena dicopot oleh Walikota Medan Bobby Nasution.

Sementara itu,Kabag Humas/Protokol Pemko Medan Arrahman Pane membenarkan adanya jadwal tes kompetensi pejabat pimpinan tinggi Pratama yang tujuannya untuk penjabaran visi dan misi walikota/wakil walikota dan kolaborasi dengan instansi terkait.

"Untuk test kemampuan dan peningkatan kompetensi pejabat eselon ll" ujar Pane melalui WhatdApp.

Namun saat ditanya tentang kemungkinan pergantian pejabat,Pane hanya mengatakan belum ada petunjuk pimpinan.Sementara Sekretaris BKD Baginda yang coba dikonfirmasi melalui WhatsApp sampai berita ini ditayangkan belum memberikan respon.

Dalam jadwal yang disusun Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemko Medan dan ditandatangani Wiriya Alrahman tersebut diminta para peserta membawa alat tulis serta memaparkan makalah sekaligus wawancara.Uji kompetensi dilaksanakan 3 hari mulai Senin- Rabu nanti.

Sejauh itu tidak dijelaskan siapa yang menguji dan mewawancarai para pejabat tersebut.Apakah langsung oleh Walikota Medan Bobby Nasution dan Wakil Walikota Aulia Rahman.

Dari jadwal di hari pertama Senin sampai antara lain Asisten Umum Renward Parapat,Asisten Ekbang Khairul Sahnan,Kasatpol PP M Sofyan.Untuk Selasa diantaranya Kepala BKD Muslim,Kepala Bappeda Irwan Ritonga dan Kaban PKAD T Ahmad Sofyan dan hari terakhir Rabu diantaranya Kadis Perkim dan Tata Ruang Benny Iskandar dan Kadis PU Zulfansyah Ali Saputra.

Sebagaimana diketahui,71 jabatan eselon III dan lurah juga sudah diseleksi terbuka dimana dari 500-an lebih peserta tinggal 144 orang yang lolos tahap wawancara.Namun belum diketahui kapan diumumkan nama yang lolos menjadi eselon III dan lurah.( rd)