Wabup Tinjau Posko Penyekatan di Simanindo: 8 Mobil Dipulangkan...

Samosir,DP News 

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang  didampingi Sekda Jabiat Sagala, Plt Kadis Perhubungan, Sekretaris Dinas Kominfo, Kabag PKP, dan Camat Simanindo monitoring penyekatan pintu masuk pelabuhan Simanindo, Jum'at (14/05).

Dalam monitoring Wakil Bupati meninjau kesiapan para petugas penyekatan pintu masuk dan berpesan kepada petugas agar selalu waspada terhadap para pengunjung yang akan datang ke Kabupaten Samosir dengan memperhatikan surat rapid test, jika ada pengunjung yang tidak dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, agar dipulangkan.

Hal ini ditujukan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Samosir.tegasnya.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati Samosir melakukan rapid test Genose C-19 yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan. Bantuan rapid test Genose C-19 diberikan kepada pelaku perjalanan KTP Samosir yang telah melengkapi Surat Ijin Keluar Masuk secara gratis.

Kepala Satuan Pelabuhan Tongku Indra Kusama menyampaikan bahwa rapid test Genose C-19 adalah alat buatan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mendeteksi virus corona melalui hembusan nafas yang masa berlakunya hanya satu hari.

Rapid test Genose C-19 merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah II Provinsi Sumatera Utara. 

Dilaporkan,delapan mobil yang telah dipulangkan karena tidak dapat dapat menunjukan surat hasil rapid test sebagai salah satu syarat untuk masuk ke Kabupaten Samosir.

Selanjutnya, Wakil Bupati Samosir melakukan monitoring di beberapa Puskesmas untuk meninjau persiapan menuju Puskesmas Wisata/Plus. 

Dalam monitoring ini Wakil Bupati berpesan kepada para tenaga kesehatan di Puskesmas agar selalu melayani dengan ramah tanpa mempersulit pasien yang akan berobat. 

"Tetap dibantu orang yang akan berobat sekalipun dia tidak mempunyai biaya berobat dan tidak mempunyai kartu BPJS, bila perlu dibantu untuk mengurus segala persyaratan dalam membuat kartu BPJS", tegas Wakil Bupati. (ML/rd)