85 Desa di Humbahas Bakal Pilkades: 693 PPKD Dibekali


Doloksanggul,DP News

Sebanyak 693 Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) untuk 85 Pilkades Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Humbang Hasundutan mendapat pembekalan dari Pemkab Humbahas.

Wakil Bupati Humbang Hasundutan Oloan Paniaran Nababan, SH., MH menghadiri kegiatan Pembekalan Panitia Pemilihan Kepala Desa Pilkades Serentak Tahun 2021 di Aula Hutamas Kompleks Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Kamis (17/6).

Wakil Bupati mengatakan sejak terbitnya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa di Kabupaten Humbang Hasundutan, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 merupakan gelombang ketiga, setelah gelombang pertama pada tahun 2018 dan gelombang kedua pada tahun 2019. Pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak tahun 2021 yaitu sebanyak 85 desa yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dikutip dari laman Pemkab Humbahas,Wakil Bupati menambahkan Pilkades merupakan pesta demokrasi di tingkat desa yang berarti terkandung makna suka cita kebahagiaan dan kebersamaan meski terdapat berbagai perbedaan, namun ditengah-tengah perbedaan itu ada sebuah tujuan untuk menyatukan hati menuju kebaikan yaitu membangun desa yang kita cintai lewat pemimpin yang dipilih secara demokratis yaitu dari kita, untuk kita dan oleh kita.

“Pelaksanaan Pilkades haruslah dilandasi dengan rasa persaudaraan dan sikap persatuan demi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa serta terpeliharanya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang  kita cintai ini”, ucap Oloan.

Di akhir sambutannya Wakil Bupati mengharapkan agar Bapak dan Ibu PPKD mampu memahami mekanisme dan prosedur pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Mari kita sukseskan Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Humbang Hasundutan menuju Humbang Hasundutan yang Hebat dan Bermentalitas Unggul”, tutupnya.

Jumlah Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) pada Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Humbang Hasundutan sebanyak 693 orang dan 85 Desa tersebar di 10 Kecamatan. Pembekalan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan 4 sesi dan pelaksanaannya dalam 1 hari dengan 2 sesi.

Turut Hadir dalam kegiatan pembekalan ini Wakapolres Humbang Hasundutan, Kompol D. Pinem, Dandim 0210/ TU yang diwakili Pabung Humbahas Mayor Wasno, Kepala Pengadilan Tarutung Golom Silitonga, SH., MH, Pimpinan OPD, Camat, PPKD dan Kepala Desa. (Diskominfo Pemkab Humbahas/rd)