Si Jago Merah Musnahkan 6 Rumah di Kampung Sosor Sianjurmulamula: Pemkab Siapkan Tenda dan Pangan...

Pangururan,DP News

Si jago merah musnahkan 6 unit rumah warga Kampung Sosor Nangka Dusun III, Desa Limbong Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir Minggu (13/6) siang.

Informasi dihimpun,peristiwa itu diketahui berlangsung saat warga baru saja pulang kebaktian Minggu dari Gereja sekitar pukul 11.30 WIB.

Melihat kejadian itu,warga berusaha memadamkan api dengan peralatan serba terbatas sehingga tidak mampu menyelamatkan rumah tersebut dari kobaran api.

Untuk memadamkan Si jago merah dilaporkan,Pemkab Samosir mengerahkan dua unit kenderaan pemadam kebakaran ke Desa Sosor Nangka.

Sementara itu keterangan dari Pemkab Samosir menyebutkan bahwa untuk membantu para korban kebakaran telah disiapkan bantuan darurat bagi korban kebakaran 6 unit rumah warga yang terjadi di Desa Sosor Nangka, Kecamatan Sianjurmulamula,Minggu (13/6). 

Bantuan ini merupakan tanggap cepat Pemkab Samosir untuk membantu korban kebakaran mendirikan tenda dan bantuan pangan. 

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom telah menginstruksikan Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial untuk segera menyiapkan bantuan kepada korban kebakaran.

“Pastikan korban mendapat dukungan tempat tinggal sementara dan logistik yang cukup di tempat kejadian,” ungkap Vandiko segera setelah mendapat kabar kebakaran yang terjadi di Desa Sosor Nangka. 

BPPD, Dinas Sosial, dan Bagian Kesra Setdakab Samosir segera melakukan instruksi Bupati tersebut dan berkordinasi dengan kepala desa untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh kebakaran tersebut dan memastikan warga korban kebakaran mendapatkan bantuan dimaksud.

Langkah-langkah pasca kebakaran juga sedang dikaji untuk meringankan para keluarga korban kebakaran sebagai bentuk kehadiran Pemkab Samosir di tengah-tengah masyarakat yang mengalami bencana. 

Data dari lapangan keluarga korban kebakaran yaitu Mariden Habeahan, 70 tahun,Jonta Habeahan, 67 tahun, Molta Sinaga, 65 tahun, Mangihut Situmorang, 63 tahun,Hariono Habeahan, 34 tahun dan Tunggul Habeahan, 49 tahun. 

Pemkab Samosir juga mengharapkan dukungan dari warga sekitar dan para pihak untuk membantu korban kebakaran agar mereka segera dapat mendirikan kembali rumah mereka yang terbakar dan dapat tinggal kembali seperti sedia kala.

Pemerintah Kabupaten Samosir juga mengucapkan terimakasih kepada TNI,dari kepolisian utama nya kepada masyarakat yang telah turut serta memberikan bantuan pemadaman saat terjadi kebakaran.(ML/rd)