Dr Suryadi Panjaitan: Saya Bangga RS Pirngadi Miliki Ruang ICU Pasien Covid-19

Medan,DP News

Dirut RS dr Pirngadi Medan dr Suryadi Panjaitan mengungkapkan bahwa adanya ruangan ICU khusus pasien Covid-19 berkat ketegasan Wali Kota Medan M Bobby Nasution dalam meningkatkan kualitas perawatan dan pelayanan kesehatan. Artinya berkat Wali Kota Medanlah maka Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan memberikan bantuannya untuk ruangan ICU Covid-19.

"Berkat upaya pak Wali, RS dr Pirngadi saat ini memiliki ruangan ICU Covid-19 dengan standar nasional yang memiliki fasilitas kesehatan sangat lengkap. Tentunya ketegasan pak Wali untuk meningkatkan kualitas pelayanan ini sangat membantu masyarakat khususnya pasien Covid-19 yang membutuhkan ICU," kata Dirut RS dr Pirngadi.

Secara pribadi dr Suryadi Panjaitan mengaku sangat bangga karena adanya ICU Covid-19, oleh sebab itu jajaran RS dr Pirngadi Medan sesuai arahan Wali Kota Medan akan lebih meningkatkan pelayanan kesehatan. Artinya sejak dengan peningkatan kualitas jajaran RS dr Pirngadi akan lebih tingkatkan pelayanan, khususnya keramahtamahan dalam menerima masyarakat yang akan berobat ke rumah sakit milik Pemko Medan.

"Arahan Pak Wali untuk kami agar tingkatkan terus pelayanan, layani masyarakat sebaik mungkin tanpa pandang bulu serta sampaikan dengan baik kondisi kesehatan pasien. Selain itu pak Wali juga meminta perhatikan kebersihan dan keindahan. Atas arahan beliau kami seluruh jajaran siap menjalankannya," ujarnya.

Komitmen Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit Dr Pirngadi Medan sudah terbukti. Hal ini dapat dilihat dengan tersedianya ruangan ICU Covid-19 yang memiliki fasilitas kesehatan cukup lengkap. Dengan ketegasannya Bobby Nasution jadikan kualitas rumah sakit milik Pemko Medan ini perlahan membaik.

Hadirnya ruangan ICU Covid-19 di RS dr Pirngadi Medan ini atas bantuan dari Pemerintah Pusat yakni Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan. Dengan adanya ruangan ICU Covid-19 tersebut Orang Nomor satu di Kota Medan ini tidak hanya maksimalkan perawatan bagi pasien Covid-19 tetapi juga memperbaiki dan meningkatkan kualitas perawatan dan pelayanan kesehatan di RS dr Pirngadi Medan.

Ruang ICU Pasien Covid-19 RS Pirngadi tersebut dilengkapi 20 bed dan 4 bed dikhususkan untuk anak-anak. Kementerian PUPR membantu membangun gedung, sedangkan Kementerian Kesehatan membantu memasok seluruh alat kesehatan yang dibutuhkan. Seluruh fasilitas di ruangan ICU Covid-19 tersebut telah sesuai dengan standar. Selain ICU, ada pula ruangan untuk perawatan Hemodialisa atau cuci darah untuk pasien gagal ginjal.

"Saat ini RS dr Pirngadi sudah tersedia ruangan ICU Covid-19. Selain untuk memaksimalkan treatment atau perawatan kepada masyarakat yang terkena Covid-19, hadirnya ruangan ICU Covid-19 atas bantuan Pemerintah Pusat ini juga salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas perawatan dan pelayanan kesehatan yang lebih baik," kata Bobby baru -baru ini.

Selain itu, adanya ruangan ICU Covid-19, dengan 20 bed secara otomatis menambah ketersediaan Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Medan. Dimana saat ini BOR di Kota Medan di bawah 60 persen atau di angka 56 persen, sehingga masih cukup untuk menampung pasien Covid-19.

Dirut RS dr Pirngadi menambahkan, sejak diresmikan Wali Kota Medan, ruangan ICU Covid-19 saat ini sudah terisi 50 persen bednya. Seluruh tenaga kesehatan fokus merawat pasien baik itu secara langsung maupun memantau perkembangan kesehatan melalui layar monitor.(rd)