Renville Napitupulu Soroti Retribusi Sampah di Komplek Perumahan Mewah...

Medan,DP News

Anggota Komisi IV DPRD Medan Renville  Napitupulu minta Dinas Kebersihan dan Pertamanan agar intensifkan pengutipan retribusi sampah terutama di kawasan komplek perumahan mewah.Sampai saat ini belum jelas seberapa besar kontribusi yang diberikan pihak pengelola perumahan mewah ke kas Pemko Medan mengingat sampah mereka itu diangkut dengan armada Dinas KP.

Renville menyoroti hal itu saat RDP Komisi IV dengan Kadis KP M Husni,Rabu(22/9) di ruang komisi.Anggota komisi lainnya Duma Sari Hutagalung pun menimpali pertanyaan Renville tersebut.Menurutnya,uang sampah dikutip dari setiap rumah per bulannya sehingga wajar kita pertanyakan berapa besar kontribusi yang disetorkan ke kas daerah.

Informasi yang diperoleh,uang sampah di komplek perumahan mewah cukup besar atau melebihi ketentuan,bisa saja mencapai Rp75 ribu per bulannya.

Jadi,tolong Pak Kadis diintensifkan di lapangan seraya mengingatkan Husni agar mengawasi jangan jangan anggotanya ada 'main mata'.Sampah dari perumahan itu diangkut menggunakan truk Dinas KP,jadi wajar mereka membayar retribusi sampah.

Namun di sisi lain Renville mengatakan tidak sepenuhnya persoalan sampah itu menjadi kekurangan pihak pengelola komplek perumahan sebab kondisi itu juga dikarenakan kurangnya akses fasilitas yang diberikan Pemko Medan.

Menanggapi hal tersebut,Husni mengakui memang sampah dari komplek perumahan diangkut dengan truk Dinas KP.Untuk retribusinya akan kita koordinasikan dengan pihak kecamatan karena pengelolaan retribusi sampah sudah ditangani pihak kecamatan.

Namun selama ini katanya diterapkan sistem beban sesuai dengan volume sampah dari perumahan tersebut.

Sejauh itu,Husni belum bisa memberikan rincian kontribusi uang sampah yang diterima dari komplek perumahan.Tetapi Husni berjanji akan mengkoordinasikannya dengan pihak kecamatan.(rd)