Bupati Buka Rakornis TP-PKK Kabupaten Asahan

Asahan,DP News

Bupati Asahan H. Surya, BSc membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP-PKK Kabupaten Asahan. Acara di gelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jum'at (12/11).

Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan Suherman Siregar, S.STP, mengatakan, tujuan dari Rakornis TP-PKK Kabupaten Asahan antara lain, meningkatkan kerjasama kepengurusan TP-PKK Kabupaten Asahan selaku Pembina TP. PKK Kabupaten Asahan dan TP-PPK Kecamatan.

Membangun persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan gerakan PKK serta merumuskan program kerja TP PKK Kabupaten Asahan serta teridentifikasinya upaya pemecahan masalah terhadap aspek kelembagaan, program dan administrasi TP. PKK Kabupaten Asahan, kata Suherman.

Sementara, Ketua TP-PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiarti Surya mengatakan TP:PKK Kabupaten Asahan tahun ini mengikuti beberapa lomba yang diadakan oleh TP-PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu). Dalam jangka waktu dekat TPPKK Provsu akan mengunjungi TP. PKK Kabupaten Asahan, ucap Titiek.

"Ini berarti suatu tanda bawa TP-PKK Kabupaten Asahan akan dievaluasi oleh TP-PKK Provsu untuk mewakili TP.-PKK Provsu mengikuti lomba tingkat nasional," kata Ketua TP-PKK Kabupaten Asahan.

Titiek berharap kepada OPD, Camat dan Kepala Desa/Lurah membantu TP-PKK dalam program kerjanya sehingga kita dapat meraih prestasi yang gemilang untuk Kabupaten Asahan, harapnya.

Kepada desa yang mengikuti lomba agar tetap semangat, terus berinovasi dan menjalin hubungan yang baik dengan warganya, agar prestasi yang kita inginkan dapat kita capai, kata Titiek.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya mengatakan PKK sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten Asahan memiliki fungsi strategis, dengan kelembagaan mulai dari tingkat pusat hingga desa.

Bahkan dasawisma berkiprah membantu Pemerintah dalam mengatasi permasalahan perempuan dan anak, dengan merumuskan program implementasi 10 program PKK, menggerakan kader, membangkitkan gotong royong, turut aktif dalam kegiatan perencanaan di desa serta peka terhadap isu-isu dan permasalahan yang ada di daerah, kata Bupati Asahan.

Banyak prestasi yang telah dicapai oleh TP- PKK Kabupaten Asahan, Saya berharap prestasi yang telah ada tetap menjadi semangat untuk meningkatkan kinerja baik di bidang administrasi maupun pelayanan masyarakat. 

Bupati berharap melalui Rapat Koordinasi ini, TP-PKK dapat mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan untuk memantapkan dan menyempurnakan kebijakan pengelolaan gerakan PKK, serta mampu berkreasi dan inovatif.

Pada kesempatan itu, para Kader TP-PKK diberikan materi oleh narasumber yang berasal dari Dinas Pertenakan Kabupaten Asahan yang disampaikan oleh Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Drh. Irvansyah Batubara dengan materi kewaspadaan rabies dan target Indonesia bebas rabies 2030, Kaban Kesbangpol Kabupaten Asahan Harry Naldo Tambunan, SE dengan materi wawasan kebangsaan acuan kaum perempuan dalam mendidik dan pembentukan karakter anak bangsa dan Plt Kepala Dinas Kopdag Kabupaten Asahan Ir. Fahmi Almadani dengan materi Perkoperasi, Kaban Kesbangpol Kabupaten Asahan.

Dalam acara itu, tampak hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Asisten, Drs John Hardi Nasution, MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP-PKK Kecamatan dan tamu undangan lainnya.(ZN)