Hanya Dua di Dunia: Anda Asam Urat, Stroke dan Syaraf Kejepit,Air Soda Tarutung Terapinya....

Tarutung,DP News

Berkunjung ke Tarutung,Taput belum lengkap rasanya kalau belum mandi menikmati Air Soda.Memang sangat luar biasa fenomena alam di wilayah Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsi Sumatera, apabila kita mengunjunginya.Salah satunya adalah pemandian Air Soda di Dusun I, Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Manfaat terapi mandi Air Soda ini adalah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit asam urat, mata, telinga, stroke, urat terjepit, alergi dan lain sebagainya. Apabila mandi Air Soda cukup hanya menggerak-gerakkan bahagian tangan dan kaki, layaknya seperti perenang. 

Hal itu disampaikan Oppung Minar Sihite saat rombongan SMSI Asahan-Labuhan Batu menikmati Pemandian Air Soda,Selasa (9/11).

"Manfaat terapi ini mandi Air Soda ini adalah bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit asam urat, mata, telinga, stroke, urat terjepit, alergi dan lain sebagainya. Apabila mandi Air Soda cukup hanya menggerak-gerakkan bahagian tangan dan kaki layaknya seperti perenang,  dan air nya juga bisa diminum", kata Opung Sihite.

Mandi Air Soda di disini cukup mengeluarkan uang kocek sebesar Rp 8.000 untuk orang dewasa dan anak-anak Rp 5.000. Air Soda ini memang alami dan saya menemukan Air Soda Tahun 1982.

Di usianya 85 tahun itu, Opung Sihite pun menceritakan bagaimana ia menemukan Air Soda dikampung nya itu. Sebelum tahun 1982, dia tinggal di Jakarta menjadi seorang Bidan. Suatu ketika dia pernah bermimpi pulang ke kampung halamannya. Nah disitulah dia meninggalkan kota Jakarta.

Sejak mimpi itu, Opung Sihite pulang ke kampung. Kira-kira berapa bulan di kampung dia menemukan Air Soda di kampung halamannya sampai saat ini. Dalam hatinya, dia  berharap kepada sang pencipta agar Air Soda ini bermanfaat dan  bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terutama bagi pengunjung yang mandi Air Soda, harapnya.

Di dunia ini cuma dua ada pemandangan Air Soda. Yang pertama pemandian Air Soda Venizuela (Amerika Latin) dan Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Tarutung. Dari negara-negara lain juga pernah mengunjungi pemandian ini, bahkan dari Negara  Venizuela, kata Opung Sihite yang dikaruniai 7 orang anak sambil tersenyum.

Rosida boru Butar-Butar (75), salah seorang pengunjung dari Siantar saat terapi mandi Air Soda mengatakan, bahwa kedatangannya bersama keluarganya itu tujuannya adalah untuk berobat dengan cara terapi mandi Air Soda.  Saya ke sini ditemani suami, anak dan menantu,katanya.

Rosida mengatakan sebelumnya saya  mengalami saraf terjepit dan stroke. Namun setelah saya terapi mandi Air Soda, mudah-mudahan saya bisa berjalan pelan-pelan dan kepala saya tidak terasa sakit lagi. Dalam satu bulan itu saya dan keluarga bisa 6 kali ke sini, ucapnya.

"Alhamdulillah dengan terapi mandi Air Soda, penyakit yang saya alami ini mulai membaik", kata Rosida usai merendamkan badannya dari pemandian yang berukuran 200 meter persegi itu.

Sementara pantauan di lokasi, pengunjung yang datang ke lokasi pemandian Air Soda dari luar kota dan manca negara.Wartawan DP News di Asahan yang juga Sekretaris SMSI Asahan-Labuhan Batu Zulham Nainggolan pun sudah menikmati terapi Aur Soda.Mari ke Pemandian Air Soda Tarutung,nggak mahal koq tapi asyik.(ZN)