Samosir Kembangkan Bawang Merah Batu: Poktan Siriaon Panen Perdana...

 

Samosir,DP News

Kelompok Tani( Poktan) Samosir kembangkan bawang merah varietas batu ijo dan sudah panen.Sebanyak 3.300 kg bibit bawang merah batu ijo dibagikan kepada 7  Poktan ditambah pupuk NPK dan pupuk organik.

Plt. Kadis Pertanian Junellis Sinaga mengatakan program bantuan pengembangan bawang merah tersebut bersumber dari APBD Samosir TA. 2021 yang diterima 7 Kelompok Tani (Poktan) dengan total bantuan bibit bawang merah 3.300 Kg, pupuk NPK Mutiara 900 Kg, pupuk  organik 6.300 kg

Salah satunya adalah Poktan Siriaon yang memperoleh bantuan bibit bawang merah 475 Kg, Pupuk NPK 125 Kg, Pupuk Organik 18 zak (900 Kg). 

Dari tujuh Poktan tersebut,4 Poktan  sudah  panen diantaranya Poktan Satolop Tamba Dolok dengan produktifitas 15 Ton/Ha, Poktan Indah Tamba Dolok dengan produktifitas 12 Ton/Ha, Poktan Lomak Tani Gorat Pallombuan dengan produktifitas 9 Ton/Ha dan Poktan Mandiri Cinta Dame Simanindo dengan produktifitas 8 Ton/Ha,ujar Junellis Sinaga, Tab (3/11).

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST bersama Anggota DPRD Samosir drg Magdalena Sitinjak didampingi Kadis Kominfo Rohani Bakara, Camat Onan Runggu Junita Sinaga, Kades Pardomuan dan Kelompok Tani Siriaon Desa Pardomuan Kecamatan Onan Runggu melakukan panen perdana bawang merah varietas batu ijo.

Anggota DPRD Samosir Magdalena Sitinjak mengharapkan untuk kedepannya para petani bisa mandiri setelah mendapat bantuan dari pemerintah. Hasil panen kali ini hendaknya disisakan untuk bibit musim tanam selanjutnya. Untuk Kecamatan Onan Runggu dan berharap tahun depan bisa menjadi wilayah penangkaran bibit bawang merah dan dapat mendukung meningkatkan produktifitas pertanian di wilayah ini, Pemkab dapat membenahi jalan-jalan usaha tani dan rumah kompos sehingga kebutuhan para petani dapat terpenuhi.

Pemkab Samosir akan menambah tempat penangkaran bibit bawang, utamanya bibit bawang merah asli Samosir. 

Terkait dengan akses jalan, tahun depan Pemkab akan membeli alat berat dengan tujuan membuka akses-akses baru dan jalan usaha tani sehinga lahan-lahan tidur yang masih kosong dapat dikelola dengan baik. Oleh karena itu, Bupati berharap kepada masyarakat agar bersedia memberikan tanahnya tanpa ganti rugi demi kepentingan bersama. Kepada Poktan Siriaon, Bupati meminta agar tetap melanjutkan budidaya bawang merah dan terus berupaya agar semakin meningkatkan produktifitasnya dengan tetap bersinergi kepada petugas penyuluh lapangan dan Dinas Pertanian.

Ketua Poktan Siriaon Kardo Gultom menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Bupati Samosir dalam panen perdana ini. Hal ini akan memberikan semangat kepada kelompok ini untuk terus bekerja. 

Kepada Pemkab Samosir Ketua Poktan Siriaon berharap agar semakin meningkatkan sinergisitas dan koordinasi melalui petugas penyuluh lapangan dengan para petani. 

Selain itu, disampaikan permohonan kepada pemerintah agar dapat membenahi akses jalan, karena lokasi ini sangat berpotensial dan merupakan lahan-lahan produktif.(ml/rd)