Sosperda No 5 Tahun 2012,,Antonius Tumanggor: Retribusi IMB Merupakan Sumber PAD Medan

Medan,DP News

Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Retribusi IMB(Izin Mendirikan Bangunan) di Dapil 1 Kota Medan mendapat antusias dari para konstituen Anggota DPRD Medan Antonius Devolis Tumanggor di Jalan Notes,Minggu(14/12).

Sosper kali ini cukup lengkap dihadiri perwakilan Dinas PKP2R, Camat Medan Petisah Budi Anshari Lubis danLurah Sei Putih Barat Deddy Muchtar

Berbagai pertanyaan muncul seputar pendirian bangunan dan keluhan tentang bangunan usaha yang meresahkan warga sekitar.

Dalam sosialisasi Perda Retribusi IMB tersebut, Antonius Tumanggor mengimbau warga untuk patuh mengurus IMB.Karena retribusi IMB merupakan salah satu sumber PAD(Pendapatan Asli Daerah) yang membantu pembangunan Kota Medan.

Demikian pula perwakilan Dinas PKP2R menjelaskan perlunya mengurus IMB walau diakuinya sejak beberapa bulan terakhir sudah ditangani Dinas PMPTSP.

Dalam sesi tanya jawab sempat muncul pertanyaan seputar pendirian bengkel mobil yang dikeluhkan Ranto Hutabarat,warga Jalan Batu Tulis Medan Petisah.

Sudah lama dikeluhkan karena suara bising dan bau cat mobil dari bengkel tersebut namun belum pernah ada tanggapan sampai saat ini.

Antonius Tumanggor pun mengatakan keluhan tersebut segera ditampung Fraksi Partai Nasdem.Namun Antonius minta Camat Medan Petisah dan Lurah Sei Putih Barat untuk meninjau ke lapangan.

Sementara itu,perwakilan Dinas PKP2R mengatakan akan melihat perizinan bangunan dengan koordinasi ke Dinas PMPTSP dan soal penindakan diarahkan ke Satpol PP.

Camat Medan Petisah Budi Anshari Lubis dan Lurah Sei Putih Barat Deddy Muchtar mengatakan segera meninjau ke lapangan namun minta agar dibuatkan surat pengaduan resmi ke kantor lurah.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Medan Afif Abdillah yang turut dalam Sosper tersebut menambahkan selain perizinan bangunan juga perlu dipelajari AMDAL bengkel tersebut.

Sosper tentang Retribusi IMB ini dihadiri ratusan warga dari Dapil 1 meliputi Kecamatan Medan Petisah, Medan Baru,Medan Helvetia dan Medan Barat.

Dalam kesempatan itu,warga yang rumahnya dapat bantuan bedah rumah menyampaikan terima kasih kepada Pak Antonius Tumanggor dan Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Medan Afif Abdillah yang telah memperjuangkan bedah rumah.Juga kepada Camat Medan Petisah dan Lurah Sei Putih Barat yang membantu proses pengusulan administrasi ke Dinas PKP2R.Sebagai tanda terima kasih warga memberikan Ulos yang diiringi musik Batak Toba.(rd)