Tangkas M Tobing di Samosir: Tolong Perhatikan Pak Anggota Dewan,Desa Pananggangan II Terisolir,8 Km Anak Sekolah Jalan Kaki...

Samosir,DP News

Masa reses I Tahun Sidang III 2021/2022,di Kabupaten Samosir,yang diagendakan 5 - 14 November.Anggota DPRD Sumut Ir Tangkas Manimpan L.Tobing,tampung berbagai aspirasi dan masukan masyarakat di beberapa desa di wilayah Samosir.

Kunjungan turun lapangan ini juga didampingi 17 SKPD dari Provinsi Sumatera Utara,SKPD Kabupaten Samosir,BUMN Manager PLN ULP Pangururan Janno Elveri Marbun dan Bank Sumut.

Masa reses I hari ke 7 ini ,bertempat di Aula Kantor Desa Pananggangan II ,Kecamatan Nainggolan,Kamis ( 11/11).Pertemuan sebelumnya  Rabu ( 10/11) di Aula Kantor Desa Sinaga Uruk Pandiangan yang dihadiri  Camat Nainggolan Drs.Barisan P Manullang , MM dan kepala desa se-Kecamatan Nainggolan .

Anggota DPRD Sumatera Utara Komisi B Tangkas  Manimpan Lumban Tobing yang didampingi isteri boru Sitinjak.Kunjungan ini untuk menampung berbagai usulan kebutuhan prioritas yang menyentuh kehidupan ditengah tengah masyarakat di Dapil IX ini, diantaranya di Kabupaten Samosir untuk menampung masukan dari masyarakat.

Dalam pertemuan ini diawali pembukaan doa , dan sambutan   dari Tokoh Adat Eben Ezer Situmorang yang juga Ketua Persatuan Sipituama Samosir menyebutkan, salah satu desa di wilayah Kecamatan Nainggolan,Desa Pananggangan II yang dimekarkan dari Desa Pananggangan induk,ini masih tergolong terisolir ,melihat akses jalan masih sulit dilalui kendaraan  dan juga masih ada beberapa warga dusun yang membutuhkan aliran listrik , tentunya dengan kehadiran anggota dewan sudah melihat secara langsung yang sesungguhnya keadaaan nasib kita ini.

Bisa kita bayangkan anak anak kami ke sekolah harus menempuh berjalan kaki sampai 8 Km dengan kondisi akses jalan yang belum mendukung.Tentunya impian  kami melalui kehadiran bapak menginjakkan kaki di desa kita ,pasti ada oleh yang ditinggalkan melalui pembangunan.Kita optimis usulan ini diperhatikan,harapnya.

Lebih lanjut  disebutkan ,berbagai masukan akan disampaikan oleh para warga yang hadir ini, harapan kami itu akan jadi perhatian bagi bapak dan demikian juga bapak dari SKPD,pungkas Eben .

Hal senada juga disampaikan salah satu tokoh masyarakat setempat, Dianto Situmorang memohon perhatian tentang akses jalan yang masih sulit,bantuan alat pertanian,alat pertukangan usaha mikro kecil demikian juga halnya kekurangan pupuk dan warga desa ini masih ada belum terjangkau aliran listrik,tentunya itu semua untuk  kesejahteraan masyarakat , pintanya penuh harap.

Menanggapi berbagai usulan itu, Ir.Tangkas Manimpan L.Tobing menjelaskan, bahwa kehadirannya untuk menampung berbagai usulan dan menyampaikan agar masyarakat tahu apa saja dana atau bantuan yang dapat dikucurkan Pemprovsu untuk masyarakat di desa  wilayah Dapilnya.

 Saya hadir disini sebagai wakil,bukan sebagai ketua, bapak ,ibulah ketua saya,sebab kalau ketua mestinya di depan.Oleh sebab itu saya mohon ijin kepada bapak dan saudara sekalian yang memberikan kesempatan berada di depan, karena  memberikan kepercayaan kepada saya mewakili di legislatif propinsi, tentunya tugas saya menampung  dan memperjuangkan berbagai hal kebutuhan pembangunan.Saya di Komisi B membidangi sarana pertanian,perikanan,perkebunan,peternakan dan kelautan .

Disini perlu saya sampaikan bahwa tahun ini ada sembilan kelompok tani di Samosir yang terima bantuan ternak,dengan dasar kelompok yang memiliki kelengkapan administrasi yang diatur undang undang.Adapun bantuan tersebut 20 ekor kerbau,kambing 40 ekor,ayam 1200 ekor .

Terkait dengan kekurangan pupuk ,sebelumnya hanya 30 ribu ton untuk Samosir ,tapi tahun ini kita tambah sesuai kebutuhan yang tertuang pada RDKK ,naik 178 ton lagi,ucap tangkas yang disambut aplaus dari masyarakat.

Sekaitan hal itu ,Tangkas meminta kepada PPL  Dinas Pertanian Samosir untuk menyampaikan persyaratan mendirikan kelompok tani dan penjelasan tentang syarat mendapatkan pupuk di kios atau pengecer termasuk stok pupuk yang tersedia .

Dilaporkan,kuota pupuk di Nainggolan 301 ton ,Za 91.Sp36 49 ,NPK 178.Organik 50 ton, ujarnya.Di sela kunjungan kerja ini,Ir.Tangkas Manimpan L.Tobing ,berikan bantuan berupa bibit pohon,dan bibit ikan 5000 ekor  kepada masyarakat , dan alat semprot kepada warga diwakili Kepala Desa Pananggangan II Robert Situmorang.

Acara yang serupa dilanjutkan ke Dusun Parmonangan Desa Hutaginjang,Kecamatan Simanindo.(Ml/heli-red)