Notification

×

Iklan

Iklan

Nama Mr Teuku M Hassan dan Mr SM Amin Nasution Bakal Diabadikan Menjadi Nama Jalan di Medan

05 Januari 2022 | Rabu, Januari 05, 2022 WIB Last Updated 2022-01-05T11:34:13Z
Foto: Pengurus DHD'45 Sumut Serahkan Cinderamata Kepada Walikota Medan M Bobby Afif Nasution,Rabu(5/1)/Zul
Medan,DP News 

Dua nama mantan Gubernur Sumut bakal ditabalkan menjadi nama jalan di Kota Medan.Kedua nama itu adalah Mr.Teuku Muhammad Hassan dan Mr SM Amin Nasution.Mr Teuku M Hassan sebagai Gubsu pertama Mr SM Amin Nasution yang sudah menjadi Pahlawan Nasional

Usulan pengabadian nama tersebut dicetuskan Sekretaris Umum DHD'45 Sumut Dr Eddy Sofyan,MAP saat coffee morning dengan Walikota Medan M Bobby Afif Nasution,Rabu(5/1).

Acara itu juga dihadiri Fokorpimda Kota Medan bersama Forum2 Strategis ( FKUB,FKDM,FPK,) Ormas Keagamaan, DHC'45,LVRI dan pimpinan OPD kota medan di Gedung Juang'45 Sumut Jalan Pemuda 17 Medan.

Gelar cofffee morning Pemko Medan ini dilaksanakan di Gedung Juang45 atas permintaan Walikota untuk mengingatkan perjuangan Generasi45 yang menurut beliau tidak bisa dilupakan karena generasi45 lah yang memerdekaan negara ini dan menyusun.idiologi Pancasil dan UUD1945.

"Semangat kebangsaan itu yang kita hadirkan untuk kita semua berjuang medan " ujar menantu Presiden Jokowi ini.

Sebelumnya Sekum DHD45 Sumut menyampaikan kepada Walikota Medan bahwa Pengurus DHD45 Sumut, LVRI Sumut,Kwarda.Pramuka Sumut bersama DHC45 Medan.serta sejarawan.dari USU dan UNIMED pernah mengajukan 2 tahun lalu usulan kedua nama Pahlawan Nasional dari Sumut ini sebagai nama jalan di Kota Medan.

" Kami ingin  masa kepemimpinan pak Boby Nasution usulan ini bisa direalisasikan " ujar Eddy Syofian didampingi Ketua Bidang Infokom Dr H.Sakhira  Zandi MSi.

Bejo Pahlawan Nasional.

Dalam kesempatan tersebut Dr Eddy Syofian M.AP juga meminta kepada Walikota Medan untuk mengusulkan Pejuang Medan Area Mayor Bejo sebagai Pahlawan Nasional.

Menurut Eddy , Mayor Bejo adalah Pemimpin Pasukan Perang Gerilya  Medan.Area  sejak tahun 1942 sampai Agresi Belanda I dan II yang terkenal dasyat peperangan tersebut. 

Di Indonesia kata Eddy Syofian dihadapan Walikota Medan, ada 4 wilayah peperangan besar yakni Perang 10 November di Surabaya, Perang Bandung Lautan Api, Perang Ambarawa dan Perang Medan Area yang tugunya berdiri kokoh di Jl Sutomo yaitu Tugu Apollo.

DHD'45 Sumut, DHC 45 dan LVRI Kota Medan yang hadir di acara coffee morning ini juga mendukung usulan Bejo sebagai Pahlawan Nasional.

Walikota Medan mendukung usulan ini dan berharap agar segera ditindaklanjut dengan kajian kajian akademis.

Usai acara Coffee morning DHD'45 Sumut menyerahkan Cenderamata kepada Walikota Medan berupa duplikat Uang Republik 1949 (URIPSU), Uang Republik Tapanuli ( ORITA) tahun 1949 dan Uang Daerah Karo tahun 1947 sebagai alat tukar yang sah pada masa itu atas persetujuan Presiden Soekarno karena negara Pemerintah tidak memiliki dana untuk membantu pertempuran.(rd)

×
Berita Terbaru Update