Notification

×

Iklan

Iklan

Evakuasi Warga Pinggir Sungai: 3 Km Jalan Yos Sudarso Tergenang...

28 Februari 2022
Foto: Suasana Jalan Yos Sudarso Medan Labuhan Tergenang Air,Senin(28/2)/Kominfo
Medan,DP News

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diinstruksikan segera evakuasi warga di pinggiran sungai dan wilayah tempat tinggalnya masih banjir.  Tindakan itu mengingat kemungkinan akan terus terjadi sehingga dikhawatirkan air sungai akan kembali naik. 

“Lakukan evakuasi, utamakan keselamatan warga.Saya tidak mau ada korban jiwa!”kata Walikota Medan M Bobby Afif Nasution dalam Rapat OPD, Senin (28/2).

Satpol PP diminta membantu proses evakuasi.Tidak hanya evakuasi, Bobby Nasution juga minta disiapkan tempat dan posko untuk menampung warga yang dievakuasi dilengkapi makanan, minuman, obat-obatan  serta selimut. 

Kemudian kecamatan yang wilayahnya terkena banjir  juga diminta mendirikan Posko dan memastikan ketersediaan makanan dan obat-obatan sehingga warga yang terdampak banjir benar-benar merasa dilayani.

“Saya minta setiap satu jam dilaporkan kondisi banjir dan penanganan yang dilakukan,”ujarnya.

Selanjutnya kepada Dinas Perhubungan, Bobby diminta untuk menutup jalan-jalan yang sampai saat ini masih tinggi genangan airnya bekerjasama dengan Satlantas Polrestabes Medan.Penutupan jalan dilakukan untuk mencegah kendaraan bermotor mogok dan terjebak dalam banjir. “Saat saya melakukan peninjauan jalan, banyak masyarakat yang tidak tahu sehingga terjebak banjir dan kendaraan mereka mogok. Kita kan prihatin, makanya jalan yang masih genangan airnya masih tinggi harus ditutup sementara,” paparnya.

Dalam rapat tersebut, Dinas PU melaporkan  sebanyak 12 kecamatan terdampak banjir. Dari jumlah tersebut, ada 6 kecamatan yang sejumlah wilayahnya hingga kini masih digenangi air. Ada pun keenam kecamatan itu yakni Medan Barat, Medan Selayang, Medan Labuhan, Medan Deli, Medan Baru dan Medan Sunggal.  

Di Medan Barat, ada 24 titik yang masih digenangi air dan warga yang terdampak banjir sebanyak 1.290 jiwa. Genangan air yang masih tinggi terjadi di Glugur Kota dan Jalan Yos Sudarso. Di Medan Selayang, air Sungai Babura dan Sungai Selayang mulai sejak pagi naik sehingga Jalan Dr Mansyur digenangi air.

Lalu, Medan Labuhan, sejumlah wilayah di 3 kelurahan masih banjir akibat meluapnya Sungai Deli menyusul tingginya intensitas hujan. Bahkan, Jalan Yos Sudarso sepanjang 3 Km masih digenangi air. Sekitar 2.586 jiwa warga terdampak dari banjir tersebut.Di Medan Deli, 1.000 jiwa warga terdampak banjir yang berasal dari pintu air akibat meluapnya Sungai Deli. 

Untuk Medan Johor, genangan air masih terjadi di Kwala Bekala yang berdampak dengan 600 jiwa warga.Di Medan Sunggal, beberapa tempat juga masih digenangi air.(rd)

×
Berita Terbaru Update