Notification

×

Iklan

Iklan

Gencarkan Bank Sampah di Sekolah dan Lingkungan,Haris Kelana Apresiasi...

25 Februari 2022
Foto: Haris Kelana Damanik/Pea
Medan, DP News

Seiring upaya menciptakan lingkungan  bersih di Kota Medan, seluruh elemen masyarakat diminta supaya peduli penanganan sampah. Program gerakan menabung sampah dengan pendirian Bank Sampah di sekolah dan setiap lingkungan yang canangkan Walikota Medan M Bobby Afif Nasution  patut direspon dan direalisasikan.

“Program itu sangat bagus dan sangat kita apresiasi. Dengan mengalakkan pendirian Bank Sampah di sekolah dan lingkungan pasti menjadikan sampah bernilai tinggi sehingga tidak lagi dibuang sembarangan,” sebut Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan Haris Kelana Damanik ST (foto) kepada wartawan, Jumat (25/2) menyikapi program gerakan menabung sampah.

Disampaikan Haris, mendirikan Bank Sampah di sekolah dapat membantu biaya sekolah para siswa semisal uang jajan dan kebutuhan lainnya.Begitu juga Bank Sampah di lingkungan akan membantu ekonomi rumah tangga.

Selain itu, pendirian Bank Sampah dapat bekerja sama dengan kelompok masyarakat atau pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kelompok tadi dapat mendaur ulang sampah menjadikan sebuah produk berupa kerajinan tangan.

Disampaikan Haris, dengan adanya Bank Sampah tempat menampung sampah akan menjadikan lingkungan bersih. Juga akan mengedukasi masyarakat sadar soal kebersihan serta memberdayakan pelaku UMKM.

Untuk itu, guna percepatan pendirian Bank Sampah di setiap sekolah, Dinas Pendidikan Kota Medan atau pihak sekolah supaya segera kordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Dinas Lingkungan Hidup. Sama halnya untuk pendirian Bank Sampah di setiap lingkungan agar Lurah atau Camat segera kordinasi.

Begitu juga dengan Dinas Koperasi Kota Medan supaya memfasilitasi pelatihan bagi kelompok masyarakat dan pelaku UMKM mendaur ulang sampah menjadikan produk kerajinan tangan.

“Seiring terkait masalah kebersihan salah satu dari lima program prioritas Walikota Medan Bobby Nasution, tentu seluruh stakholder harus merespon dan mendukung agar cepat terealisasi,” harapnya.(rd)

×
Berita Terbaru Update