Notification

×

Iklan

Iklan

Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Reses Anggota DPRD Medan Kepada Walikota Medan: Perbaikan Infrastruktur dan Pelayanan Publik...

14 Maret 2022

Medan, DP News

Rapat Paripurna DPRD Medan penyampaian Laporan Reses Masa Sidang I Tahun Ketiga (TA 2022 ) dilaksanakan,Senin (14/3) dipimpin Wakil Ketua DPRD Ihwan Ritonga didampingi wakil ketua dewan lainnya H Rajuddin Sagala dan HT Bachrumsyah di Ruang Sidang Gedung DPRD Medan.

Wakil Walikota Medan Aulia Rachman bersama Sekda Medan Wiriya Alrahman hadir dalam rapat paripurna mewakili Walikota Medan M Bobby Afif Nasution.

Rapat paripurna dewan dilaksanakan secara tatap muka dan secara virtual bagi sebagian anggota dewan dan juga para pimpinan OPD.Rapat paripurna dilaksanakan dengan kehadiran memenuhi kuorum baik tatap muka langsung maupun virtual.

Foto: Para Wakil Ketua DPRD Medan Ihwan Ritonga,H Rajuddin Sagala dan HT Bachrumsyah Saat Pimpin Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Reses,Senin(14/3) di Gedung DPRD Medan./Pangihutan

Meski tidak begitu ramai peserta rapat paripurna yang tatap muka karena penerapan Prokes namun penyampaian laporan Reses tetap berjalan lancar.Ketua DPRD Medan Hasyim,SE sedang ada kegiatan lain sehingga pimpinan rapat dilaksanakan Ihwan Ritonga didampingi wakil ketua dewan lainnya H Rajuddin Sagala dan Bachrumsyah.

Secara bergiliran laporan reses anggota dewan dibacakan para juru bicara Dapil(Daerah Pemilihan) 1-5 Kota Medan antara lain Rudiawan Sitorus dari Dapil 1,Harus Kelana Damanik dari Dapil 2,Wong Chun Sen dari Dapil 3, Dedy Aksyari Nasution dari Dapil 4 dan  Henry Duin dari Dapil 5.

Laporan Reses Dapil 1 yang menyerap aspirasi masyarakat di Medan Baru,Medan Petisah,Medan Barat dan Medan Helvetia sejak 18-21 Februari.Adapun anggota dewan dari Dapil 1 adalah Dame Duma Sari Hutagalung,Edward Hutabarat,Robi Barus ,SE,Antonius Devolis Tumanggor,S.Sos, Rudiawan Sitorus,S,Fil.I,M.Pem.I,H Rajuddin Sagala,SPd.I,Abdul Rahman Nasution,SH dan Renville P Napitupulu,SE.

Secara umum,laporan reses mengusulkan perbaikan drainase, pengaspalan jalan di sejumlah kawasan Kota Medan.Terkait banjir diminta normalisasi sungai berupa pembetonan dinding misalnya Sungai Sikambing,Kecamatan Helvetia(Dapil 1).

Dari segi infrastruktur, aspirasi masyarakat Dapil 1 menginginkan perbaikan jalan dan drainase yang hampir merata di 4 kecamatan.Untuk normalisasi sungai juga diusulkan perbaikan tembok parit di Jalan Dairi akibat pendangkalan, pembangunan Bronjong di Jalan Mistar sampai Jalan Tinta.

Selain itu,perbaikan rumah tidak layak huni melalui program bedah rumah sangat didambakan warga kurang mampu.Tidak kalah penting,warga mengusulkan pembangunan Pos Pemadam Kebakaran di Jalan Gaperta Ujung Medan Helvetia.

Di bidang kebersihan mengharapkan agar dibenahi tumpukan sampah di Jalan Sei Deli yang menimbulkan bau tidak sedap.Kepafa Dinas Kebersihan dan Pertamanan diusulkan pengadaan tempat pembuangan sampah di Medan Helvetia,Medan Barat dan Medan Petisah. 

Segi sosial dan pelayanan publik juga diminta perbaikan dan bantuan bagi warga kurang mampu.Misalnya,BPJS Kesehatan Mandiri,KIP, PKH dan bantuan pangan non tunai perlu pendataan akurat karena ada keluarga mampu yang justru mendapatkan tetapi keluarga kurang mampu tidak dapat samasekali.

Soal BPJS Kesehatan Gratis diusulkan bagi warga miskin dan minta prosedur pelayanan pasien jangan dipersulit serta perlu dukungan Puskesmas Keliling.


Sementara itu Laporan Reses Dapil 2 dibacakan Haris Kelana Damanik yang merupakan hasil reses anggota dewan antara lain HT Bachrumsyah,H Surianto,Margaret MS,T Edriansyah Rendy,Mulia Asri Rambe,Siti Suciati,Janses Simbolon,Abdul Latif Lubis,Abdul Rani,Ishaq Abrar Mustafa Tarigan,Sudari dan Haris Jelana Damanik.Dapil 2 meliputi Medan Deli,Medan Labuhan,Medan Belawan dan Medan Marelan.

Dari Dapil 2 diusulkan pembangunan pasar tradisional di Jalan Rawe Medan Labuhan dan pengadaan becak sampah untuk mendukung program kebersihan.Sama dengan aspirasi masyarakat lainnya,para warga di Dapil 3 juga mengharapkan pembangunan jalan baru di Jalan Peringgan Paya Pasir,Jalan dari KIM II ke Sei Mati,Jalan Marelan 3 Ujung dan perbaikan jalan rusak,pembuatan drainase base dan gorong gorong, pelebaran Jalan Kol Yos Sudarso, normalisasi sungai di Rengas Pulau,Jalan Bom Gang Kenanga Pekan Labuhan dan Nelayan Indah.

Di bidang sosial diminta pendataan ulang keluarga miskin karena banyak warga yang benar benar membutuhkan justru tidak terdaftar penerima PKH dan BLT juga KIP.Warga juga minta agar Dinas Pendidikan memperhatikan keringanan biaya sekolah dan uang SPP.Aspek lain perlunya pembangunan fasilitas sarana olahraga di Griya 2 Martubung.

Perbaikan rumah tidak layak huni sangat didambakan warga Kelurahan Belawan II, Sicanang,Bagan Deli,Belawan Bahari dan Belawan Bahagia,Pekan Labuhan,Tanjung Mulia dan Pekan Labuhan.

Menyangkut pemenuhan air bersih,warga minta pemasangan pipa PDAM di Rengas Pulau, Tangkahan,Paya Pasir,Sei Nati dan Belawan Bahari.

Untuk aparat kecamatan banyak aspirasi dari warga sulitnya mengurus e-KTP,akte lahir dan kartu keluarga.Pihak kelurahan dan kecamatan agar memberi pelayanan yang baik kepada warga sehingga tidak terjadi pungli yang dilakukan oknum.

Sementara itu di Dapil 3 yang dibacakan Wong Chun Sen mengusulkan perbaikan dan pengaspalan, pembangunan drainase.Selain itu, pemasangan LPJU ( Lampu Penerangan Jalan Umum), penyediaan Tempat Pembuangan Sampah(TPS).

Di bidang infrastruktur,Dinas PU mendapat beban cukup besar karena banyak usulan perbaikan jalan dan drainase misalnya di Jalan Karantina,Jalan Pertiwi,Jalan Letda Sujono,Jalan Pancing.Perbaikan drainase di Jalan Cahaya,Jalan Bhayangkara,Jalan Bersama,Jalan Pelita,Jalan Pembangunan III,Jalan Ambai,Jalan Kapten M Jamil Lubis dan lainnya yang terpencar di 4 kecamatan Dapil 3.

Di bidang pelayanan publik minta Dinas Dukcapil jangan mempersulit pengurusan administrasi kependudukan seperti e-KTP,akte kelahiran dan lainnya.Secara khusus masyarakat di Dapil 3 khususnya pedagang kecil rumahan Asrama Hong Medan Perjuangan minta bantuan Dinas Koperasi & UMKM  serta mempermudah perizinan usaha industri rumah tangga.

Di bidang ketertiban dimohonkan penertiban peredaran Narkoba di sekitar Jalan Pasar 3 Medan Perjuangan,penindakan premanisme dan begal di Jalan Pertiwi Medan Tembung.

Dari Dapil 3 para anggota dewan antara lain Ir Sahat Simbolon,Netty Yuniarti Siregar,Paul Mei Anton Simanjuntak,SH,Drs Wong Chin Sen,Modesta Marpaung, Irwansyah,Edwin Sugesti Nasution dan Parlindungan Sipahutar.Dapil 3 meliputi Medan Timur,Medan Perjuangan, Medan dan Medan Tembung.

Sektor pendidikan minta pemerataan KIP(Kartu Indonesia Pintar) dan perlunya perpustakaan keliling karena banyak Al anak sekolah kesulitan membeli buku pelajaran ditengah pandemi Covid-19 ini.

Untuk Dapil 4 dan 5 juga mengusulkan perbaikan jalan, drainase serta pamasangan lampu perbaikan dan pengaspalan jalan misalnya Jalan Panglima Denai,Jalan Air Bersih,Jalan Bajak,Jalan AR Hakim,Jala Selamat,Jalan Sempurna,Jalan Wahidin,Jalan Bromo dan lainnya.

Perbaikan drainase di Jalan Tawa,Jalan Selambo,Jalan Kemiri,Jalan Jati 2,,Jalan Duyung,Jalan Rawa Cangkuk,Jalan Pelajar Ujung,JalanJetmal,Jalan Pelopor,Jalan Faru II dan lainnya.Selan itu juga perbaikan dinding parit di Jalan Lukah yang membuat air tersumbat sehingga perlu pengorekan.

Untuk pemasangan LPJU cukup banyak misalnya di Jalan Pelajar Timur,Jalan Selbo,Jalan Selamat,Jalan Senan,Jalan Santun,Jalan Musang,Jalan AIP KS Tubun,Jalan Jermal dan lainnya.

Laporan Reses Dapil 4 dibacakan Dedy Aksyari Nasution sementara anggota dewan antara lain H Ihwan Ritonga,SE,MM,Hasyim,SE,David Roni Ganda Sinaga,M Rizki Nugraha,Afif Abdillah, Rudiyanto, Edi Saputra, Hendra DS dan Dodi Robert Simangunsong.Dapil 4 meliputi Medan Kota,Medan Area,Medan Denai dan Medan Amplas.

Aspirasi masyarakat terkait BPJS Kesehatan Gratis,KIP,PKH dan BLT agar dilakukan pemerataan.Ditengah pandemi saat ini untuk membantu ekonomi keluarga diminta adanya pelatihan menjahit dan membuat kue serta pemberian modal usaha.

Selanjutnya Laporan Reses Dapil 5 dibacakan Henry Duin dimana para anggota dewan antara lain Mulia Syahputra Nasution,SH, D Edy Eka Suranta S Meliala,Johannes Haratua Hutagalung,M Afri Rizki Lubis, Habiburrahman Sinuraya, Dhiyaul Hayati, Syaiful Ramadhan,Erwin Siahaan, Sukamto dan Burhanuddin Sitepu.Dapil 5 meliputi Medan Sunggal Medan Selayang,Medan Johor,Medan Maimun dan Medan Tuntungan.

Dalam laporan tersebut tergolong usulan khusus dari Dapil 5 menyangkut perlu ya pembangunan jembatan penyeberangan fi Jalan Tali Air Gang Sejuk sementara warga Jalan Karya Wisata minta pelebaran bahu jalan sampai Cadika Pramuka Medan Johor.

Sementara itu perbaikan jalan dan drainase di Jalan Kemenyaan Raya Petumnas Simalingkar,Jalan Eka Surya,Jalan Pi tuAir IV,Jalan Bunga Rampai,Jalan Karya Jaya juga Jalan Kubah Ujung,Jalan Saudara,Jalan Flamboyan,Jalan Teratai,Jalan Syarban dan lainnya yang tersebar di 4 kecamatan.

Secara khusus perlu perbaikan dinding parit yang sudah roboh di Jalan Rami 1,2,4 dan 6 juga pengorekan parit di Jalan Pintu Air 6.Untuk mengatasi banjir butuh pembuatan benteng sungai di Jalan Swadaya Medan Sunggal.

Pengadaan lampu jalan menjadi harapan warga di Dapil 5 terutama di Kelurahan Mangga,Jalan Sei Asahan,Jalan Karya,Jalan Turi,Jalan Eka Rasmi,Jalan Syarban,Jalan Balai Desa,Jalan Brigjen Katamso dan lainnya.

Di bidang kebersihan butuh pengadaan tempat penampungan sementara di Jalan Sei Belutu,Jalan Bunga Kardiol,Jalan Pinang Baris,Jalan Bunga Rampai,Jalan Melati.Juga dibutuhkan pengadaan becak dampak sebanyak 2 unit per kelurahan di Medan Johor.

Permasalahan lainnya mengenai usul penggantian Kepling di Lingkungan 16 Kelurahan Mangga,Kepling XV Simpang Selayang,Kopling XV Jalan Pales, Kepling 1 Tanjung Selamat.

Dari pelaksanaan Reses anggota dewan,masalah banjir menjadi 'primadona' dari tahun ke tahun yang yerus menghantui masyarakat apalagi di musim penghujan.Untuk itu,Pemko Medan diminta menjalin sinergitas dengan.berbagai stake holder.

Sementara itu,jajaran Pemko Medan agar memacu kreativitas dan inovasi dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat terutama iklim investasi dalam menggerakkan roda perekonomian Kota Medan sebagai barometer pembangunan di Sumatera Utara.

Dengan penyampaian laporan Reses tersebut,Pemko Medan diminta untuk mengakomodirnya.Bappeda diharapkan dapat menelusuri masukan  dan pokok pokok pikiran yang dirumuskan dalam kebijakan pembangunan Kota Medan sehingga tersambung dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Strategis

Sementara itu,Wakil Walikota Medan Aulia Rachman memberi apresiasi terhadap hasil Reses anggota dewan dari Dapil 1-5 karena merupakan masukan berharga dalam membangun Kota Medan.Untuk membangun Kota Medan  butuh kolaborasi antara pemangku kepentingan termasuk antara eksekutif dan legislatif.

Untuk itu, walikota mengimbau seluruh OPD menampung usulan Reses apalagi dalam waktu dekat akan dilaksanakan Musrenbang RKP(Rencana Kerja Pembangunan) Kota Medan 2023.

Laporan Reses ini sangat strategis karena merupakan aspirasi masyarakat yang diserap para anggota dewan apalagi tujuannya demi kesejahteraan masyarakat.Untuk itulah, Walikota Medan M Bobby Afif Nasution yang diwakili Wakil Walikota Medan Aulia Rachman minta agar seluruh OPD menyesuaikan usulan anggota dewan dengan program masing masing.

Foto: Laporan Reses Anggota DPRD Dapil 1-5 Diserahkan Wakil Ketua DPRD Ihwan Ritonga Kepada Wakil Walikota Medan Aulia Rachman,Senin(14/3)/Pangihutan

Rapat paripurna dewan ini ditandai dengan penyerahan berkas Laporan Reses Anggota DPRD Medan Tahun 2022  oleh Wakil Ketua DPRD Ihwan Ritonga kepada Wakil Walikota Medan Aulia Rachman.(rd)

×
Berita Terbaru Update