Notification

×

Iklan

Iklan

Pesta Budaya Penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar: Hinca Panjaitan,Panglima Raja Sijorat

20 April 2022
Foto: Pesta Budaya Penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar Dihadiri Bupati Toba Poltak Sitorus,Selasa(19/4)/Tanda
Toba,DP News 

Pesta Budaya Penobatan Raja Maropat VI Bius Siantar di Huta Ginjang Desa Narumonda VII Kecamatan Siantar Narumonda,Selasa(19/4) dihadiri Bupati Toba Poltak Sitorus.Penobatan Raja Onggung Simorong-orong sebagai Raja Maropat VI Bius Siantar yang dirangkai  kegiatan pesta budaya sudah langka di masa sekarang.

"Kami yakin, Raja Maropat VI Bius Siantar yang dinobatkan hari ini benar-benar seorang  "Raja", artinya seorang yang memiliki kepribadian seorang Raja, yaitu marugamo, maradat, maruhum, dan marparbinotoan, (beragama, beradat,memiliki hukum dan memiliki ilmu pengetahuan),"katanya.

Pemkab Toba juga  sangat mengapresiasi digelarnya pesta budaya  sekaligus menjadi pengingat akan sejarah Batak yang sangat kaya dengan nilai luhur budaya adat istiadat. 

Acara penobatan Raja Maropat VI ini, dihadiri para panglima, salah satunya hadir Panglima Raja Sijorat, Hinca Pandjaitan, yang saat ini dudul sebagai Anggota DPR RI. 

Bupati juga mengajak keluarga besar Pomparan Raja Maropat Bius Siantar dan seluruh masyarakat yang hadir untuk bersama-sama dengan pemerintah berkontribusi dalam pembangunan. 

Berbagai kegiatan tradisional digelar  diantaranya tonggo bius, panakkok saring saring, margondang/tortor, opera Batak, mangandung, margala, martada, martonun, kuliner, pameran dan penampilan artis lokal untuk menghibur warga. (Tanda)

×
Berita Terbaru Update