Notification

×

Iklan

Iklan

Harapan Wapres: Waisak 2566 BE Tingkatkan Kebijaksanaan dan Kebahagiaan Umat Budha..

16 Mei 2022

Jakarta,DP News

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berharap momentum peringatan Hari Raya Waisak 2566 BE tahun ini dapat meningkatkan kebijaksanaan dan kebahagiaan umat Buddha di Indonesia.

"Saya mengharapkan momentum Waisak ini dapat meningkatkan kebijaksanaan dan kebahagiaan sejati bagi umat Buddha," kata Ma'ruf dikutip dalam akun Instagram @wapresri.go.id, dikutip Senin (16/5).

Tak hanya itu, Ma'ruf turut berharap momentum Waisak tahun ini dapat menjadi perekat kerukunan dan toleransi antarumat beragama.

"Sekaligus menjadi perekat kerukunan dan toleransi antarumat beragama di Indonesia." ucap dia yang juga dikenal pernah menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

Senada, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai seluruh umat Buddha Indonesia memiliki tanggung jawab ikut membangun masyarakat yang rukun damai dan sejahtera. Tujuan itu bisa dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki.

Ia juga meminta kepada umat Buddha di Indonesia untuk perkuat moderasi beragama dan mempererat tali persaudaraan antarsesama.

"Ini sebagaimana diajarkan dalam Kitab Suci Dhammapada, syair 194, bahwa kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran ajaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan, dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan," kata Yaqut.

Sebagai informasi, Waisak merupakan salah satu hari besar untuk pemeluk agama Buddha. Selayaknya perayaan tradisi agama lain, Waisak juga ditetapkan sebagai hari libur nasional di Indonesia. Hari Raya Waisak di Indonesia tahun ini jatuh pada hari ini, Senin, 16 Mei 2022.(cnnindonesia/rd)

×
Berita Terbaru Update