Notification

×

Iklan

Iklan

Menhub Cek Arus Mudik Bandara Soetta: 150 Ribu Keluar Masuk...

08 Mei 2022
Foto: Menhub budi Budi Karya Cek Arus Valuk di Bandara Soetta, Minggu(8/5) /detiknews
Jakarta,DP News

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan di ground handling Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan para pemudik tiba dalam keadaan baik saat arus balik mudik Lebaran 2022.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (8/5), Menhub Budi tiba bersama rombongan di Terminal 2 pukul 15.26 WIB. Kehadirannya diterima langsung oleh Presiden Direktur Muhammad Awaluddin, Kapolresta Bandara Soetta Kombes Sigit Dany, dan Dansatgas Udara COVID-19 Bandara Soetta Kolonel (lek) Harits.

Setibanya di Terminal 2, Budi bersama rombongan langsung menuju ground handling pesawat. Budi sempat mengecek petugas ground handling yang sedang memindahkan barang bawaan penumpang yang sudah tiba di Terminal 2.

Budi mengatakan bahwa pergerakan penumpang hari ini di Bandara Soetta merupakan yang tertinggi sejak masa pandemi. Menurut catatannya, pergerakan penumpang yang datang dan pergi mencapai 150 ribu orang.

"Akan bergerak datang dan pergi 150 ribu orang. Belum pernah terjadi (selama pandemi COVID-19)," kata dia.

"Oleh karenanya saya dapat memetakan permasalahan di sini adalah saat hari terakhir biasanya jumlah penumpang yang kembali ke Jakarta itu tinggi sekali. Dari catatan kita dari 1.130 pergerakan pesawat satu hari berarti kurang lebih 570 pergerakan 40% itu ada di Terminal 2. Berarti sekitar 200 lebih dan paling tidak ada 3.500 orang per jam mendarat di Terminal 2 ini," ujar Budi kepada wartawan di lokasi, Minggu (8/5).

Dia mengaku sudah menugaskan Dirjen Hubud juga Dirut Angkasa Pura II (AP II) melakukan rapat dengan stakeholder untuk mempersiapkan kedatangan pemudik yang akan mendarat di Bandara Soetta. Dia meminta kedatangan warga dipastikan dalam keadaan baik.

"Kegiatan sampai malam ini di sini bersama AP II dipastikan bahwa mereka yang datang dalam keadaan baik. Artinya pelayanannya dengan waktu terukur sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tambahnya.

Lebih lanjut, dia mengimbau pemudik yang belum kembali ke Jakarta agar menunda perjalanannya. Dia menyebut puncak arus balik hari ini sudah didominasi perjalanan darat baik kendaraan mobil maupun kereta api.

"Saya dalam kesempatan ini tidak henti-hentinya menyampaikan kalau para pemudik belum pulang hari ini jangan pulang malam ini. Pulanglah besok atau pada saat lebaran ketupat hari Selasa depan berarti hari Rabu pulangnya itu lebih enjoy," katanya.

"Malam ini adalah malam puncak bagi mereka yang akan melakukan perjalanan darat, perjalanan kereta api. Perjalanan darat melakukan manajemen untuk menunda perjalanan," sambungnya.(detiknews.com/rd)

×
Berita Terbaru Update