Notification

×

Iklan

Iklan

Kahiyang Ayu Dukung Vaksinasi Anak Cegah Campak Rubella...

10 Juni 2022
Foto: Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu Tinjau Vaksinasi BIAN Tahun 2022 di Aula Terminal Penumpang Bandar Deli, Belawan, Jumat(10/6)/DPN
Medan,DP News

Ketua TP PKK Kota Medan  Kahiyang Ayu dukung penuh pelaksanaan Vaksinasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 agar dapat memenuhi target semua anak untuk menerima imunisasi MR guna pencegahan Campak-Rubella. 


"Saya atas nama PKK Kota Medan mendukung penuh pelaksanaan Vaksinasi BIAN tahun 2022. Kita harapkan pelaksanaan ini dapat mencapai target sehingga anak- anak kita terhindar dari berbagai penyakit seperti Campak- Rubella dan kedepannya menjadi generasi yang sehat dan cerdas," Kata Ketua TP PKK Kota Medan ketika meninjau pelaksanaan Vaksinasi BIAN Tahun 2022 di Aula Terminal Penumpang Bandar Deli, Belawan, Jumat(10/6).


Kehadiran Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution membuat orang tua dan anak-anak yang akan mendapatkan vaksinasi BIAN menjadi antusias. Dengan penuh kehangatan Ny Kahiyang Ayu menyapa anak-anak yang hendak di vaksin.  Selain itu isteri Wali Kota Medan Bobby Nasution ini juga memberikan bingkisan berupa makanan tambahan dan juga paket mainan anak.


Menurut Kahiyang Ayu, kehadirannya untuk memberikan motivasi kepada ibu- ibu agar dapat berpartisipasi aktif dan memastikan anaknya sudah mendapatkan imunisasi, khususnya ibu-ibu yang memiliki anak usia 9 sampai 59 bulan. 


"Bagi orang tua yang anaknya belum di vaksinasi imunisasi dapat membawa anaknya ke Puskesmas terdekat agar mendapatkan imunisasi," ujar Ny Kahiyang. 


Sementara itu, Walikota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Sofyan berharap agar mencapai target vaksinasi BIAN, para Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan agar dapat mengaktifkan potensi yang ada di wilayah dan salin berkoordinasi agar pelaksanaan BIAN ini berjalan optimal dan mencapai target yang tinggi.


Selain itu Dinas Pendidikan juga diminta memastikan seluruh pelajar PAUD, SD dan SMP sudah mendapatkan vaksinasi Campak-Rubella.

Sementara itu Kadis Kesehatan Taufik Ririansyah dalam laporannya mengungkapkan bahwa pemberian imunisasi terbukti mampu melindungi anak-anak dari berbagai penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan produktif. 


Pada vaksinasi BIAN ini  pemberian imunisasi dilakukan secara terintegrasi yang meliputi Pemberian satu dosis imunisasi tambahan Campak-Rubella secara massal tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Selain itu memberikan satu atau lebih imunisasi guna melengkapi status imunisasi Anak usia 12 bulan sampai 59 Bulan.


"Tujuan Vaksinasi BIAN ini  menghentikan virus Campak-Rubella. Selain itu mempertahankan Indonesia bebas polio  dan Mewujudkan eradikasi polio global pada tahun 2026 serta mengendalikan penyakit Defteri dan Pertusis," jelasnya.


Kadis Kesehatan menambahkan pemberian Vaksinasi BIAN ini dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun posyandu serta sekolah. Seluruh anak yang telah di berikan imunisasi nantinya akan dicatatkan ke dalam aplikasi sehat Indonesiaku (Asik) yang terintegrasi dengan aplikasi peduli lindungi.


"Dari target 95 persen, saat ini kota Medan baru mencapai target 21 persen. Oleh karenanya seluruh Puskesmas yang ada di Medan siap memberikan vaksinasi BIAN, masyarakat dapat datang ke Puskesmas terdekat agar capaian target kita tercapai,"ujar Taufik.(rd) 



×
Berita Terbaru Update