Notification

×

Iklan

Iklan

22 Juli Nanti: Festival Musik Kaldera Toba Bertaraf Internasional di Lintong Nihuta

09 Juli 2022
Foto : Bukit Singgolom,Lintong Nihuta,Toba

Jakarta,DP News

Karisma Event Nusantara (KEN) 2022 merupakan kumpulan event berkualitas dari 34 provinsi di Indonesia.Tujuan diadakannya KEN 2022 sebagai sarana mempromosikan destinasi wisata di berbagai daerah melalui pagelaran festival yang menarik wisatawan untuk berkunjung.Salah satunya,Toba Caldera World Music Festival . 


Festival musik berskala internasional pun siap digelar di salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba. Festival musik ini diberi tajuk, Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2022. Sesuai namanya, festival ini akan diisi oleh para musikus terbaik. 


Tak hanya dari dalam negeri, TCWMF 2022 juga kabarnya akan diisi musisi dari negara tetangga lainnya.Tujuan digelarnya festival ini adalah memperkenalkan dan mempromosikan Destinasi Super Prioritas Danau Toba kepada wisatawan dalam negeri maupun mancanegara melalui festival musik. Toba Caldera World Music Festival akan digelar di Bukit Singgolom, Desa Lintong Nihuta, Toba. Tahun ini TCWMF rencananya digelar pada tanggal 22 Juli nanti. 


Pada bulan Juli 2022 ini, ada beberapa festival seni, musik, dan budaya yang masuk ke dalam Karisma Event Nusantara 2022 yang siap digelar. Festival apa sajakah itu? Berikut, festival seni, musik, dan budaya di bulan Juli yang diakes dari website Kemenparekraf, Sabtu(9/7) yakni: 


Solo Batik Carnival

Festival fesyen dan budaya yang selalu menarik perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kota Solo adalah pagelaran Solo Batik Carnival. Mengapa festival ini menarik? Sebab, Solo Batik Carnival menjadikan jalanan utama Kota Solo, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi, sepanjang kurang lebih 4,2 km sebagai catwalk dalam parade kostum terbaik dari para peserta pawai. 


Kostum yang ditampilkan bukanlah sembarang kostum. Melainkan kostum karya sendiri yang tetap mengutamakan unsur tradisi, yakni batik. Solo Batik Carnival 2022 akan digelar pada tanggal 9 Juli 2022 dan diharapkan menjadi momentum bangkitnya industri kreatif yang ada di Kota Solo.


Kenduri Seni Melayu

Salah satu event unggul dari Kota Batam, Kepulauan Riau yang masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara 2022 adalah Kenduri Seni Melayu. Rencananya festival seni dan budaya ini akan digelar pada tanggal 15 Juli 2022 dan merupakan salah satu rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Batam.


Tak hanya pertunjukan seni dari Kota Batam saja yang ditampilkan, Kenduri Seni Melayu juga menampilkan berbagai pertunjukan seni melayu dari daerah di Indonesia lainnya. Tujuannya untuk melestarikan dan mengenalkan keunikan budaya Melayu di Indonesia ke para wisatawan. 

Selain itu, Kenduri Seni Melayu juga kerap menjadi ajang nostalgia dengan menampilkan berbagai permainan tradisional, seperti gasing, egrang, congklak, hingga layang-layang.


Aceh Perkusi 

Tahun ini Festival Aceh Perkusi kembali masuk dalam Karisma Event Nusantara 2022. Festival yang akan menampilkan salah satu alat musik tabuh khas Kota Rencong ini rencananya akan digelar di Taman Budaya Aceh pada 29 Juli 2022.


Aceh Perkusi tak hanya sekadar ruang bagi para seniman Aceh untuk berekspresi dan berkreasi. Namun jauh dari itu, tujuan diadakannya festival ini adalah memberikan informasi kepada wisatawan tentang kekayaan budaya yang dimiliki oleh Serambi Mekkah.


Solo Keroncong Festival 

Tak heran jika Solo dikenal sebagai salah satu Kota Budaya. Selain Solo Batik Carnival, Kota Solo juga memiliki salah satu festival seni, musik dan budaya yang jadi satu dalam Karisma Event Nusantara 2022, yakni Solo Keroncong Festival.

Seperti yang kita ketahui, musik keroncong sangat melekat pada Kota Solo. Hal ini berawal dari booming-nya lagu keroncong karya sang maestro, Gesang, yakni Bengawan Solo. 


Solo Keroncong Festival merupakan salah satu wadah bagi para musisi keroncong untuk menampilkan karya terbaik mereka.

Festival seni ini pun dibuat dengan tujuan melestarikan salah satu aset budaya yang dimiliki Kota Solo kepada generasi muda, sehingga bisa terus diwariskan secara turun-menurun. Rencananya Solo Keroncong Festival akan digelar 24-25 Juli 2022, di Ngarsopuro Night Market.


Toba Caldera World Music Festival 

Festival musik berskala internasional pun siap digelar di salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba. Festival musik ini diberi tajuk, Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2022. 


Sesuai namanya, festival ini akan diisi oleh para musikus terbaik. Tak hanya dari dalam negeri, TCWMF 2022 juga kabarnya akan diisi musisi dari negara tetangga lainnya.Toba Caldera World Music Festival Festival musik berskala internasional pun siap digelar di salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba. Festival musik ini diberi tajuk, Toba Caldera World Music Festival (TCWMF) 2022.


Toba Caldera World Music Festival akan digelar di Bukit Singgolom, Desa Lintong Nihuta, Samosir. Tahun ini TCWMF rencananya digelar pada tanggal 22 Juli 2022.(RaKar/r) 







































×
Berita Terbaru Update