Notification

×

Iklan

Iklan

Azhari Sinik,Direktur LIPPSU Sesalkan Pembongkaran Tugu Titik Nol Icon Medan

16 Agustus 2022
Foto: Titik Nol Ikon Kota Medan Sudah Dibongkar dan Rata Dengan Tanah
Medan, DP News

Direktur Eksekutif Lembaga Independen Pemerhati Pembangunan Sumatera Utara ( LIPPSU ), Azhari A.M Sinik sesalkan pembongkaran Titik Nol Icon yang merupakan salah satu titik sejarah Kota Medan berupa tugu air mancur  yang dibangun pada Tahun 1915.


Medan merupakan kota religi, budaya dan peradaban maupun perdagangan yang memiliki banyak meninggalkan bukti bukti sejarah lahir dan berkembangnya Kota Medan,ujar Azhari A.M Sinik. 


Sebagai kotametro, Medan banyak warisan bukti sejarah peradabannya. Awal kawasan Kota ini ada dan dibuka, diawali dengan berkuasanya Gocah Pahlawan seorang Panglima Perang dari Kesultanan Samudera Pasai yang bernama Muhammad Akbar Deli Han pada abad ke-16.


Sedangkan nama Medan sendiri selalu di ucapkan oleh Panglima Padrap, "Ini Medan Pertempuranku"  Panglima Padrap sendiri adalah putra dari Gocah Pahlawan, yang makamnya terletak di pinggiran Sungai Deli di Jalan Raden Saleh dan terlantar begitu saja,ujar Azhari Sinik. 


Sedangkan peletakan batu pertama sebuah kampung Medan sendiri di lakukan  oleh Guru Patimpus, dengan membangun pasar di pinggiran Sunga Deli,  yang dulu bernama pasar bundar.  Pasar itu pun sudah hilang dan sekarang di jadikan Tugu Guru Patimpus dan Air Pancur,  jelas Ari Sinik. 


Pembongkaran  Tugu Monumen Titik Nol Kota Medan kata Azhari Sinik sama saja menghilangkan bukti sejarah Kota Medan yang di lindungi oleh UU Cagar Budaya. 


Nah hari ini dan di bulan ini,  hal sama juga telah dilakukan di kota Medan,  Bangunan Tugu Monumen Titik Nol dan kolam pancur Kota Medan yang dibangun oleh  seorang penemu Tembakau Deli dan memperkenalkan kota Medan ke pelosok dunia, telah dibongkar. (Rd/s) 
























×
Berita Terbaru Update