Notification

×

Iklan

Iklan

Rapat Paripurna DPRD Medan: Aulia dan Wirya Bergantian Baca Nota Jawaban Walikota....

08 Agustus 2022
Foto: Wakil Walikota Medan Aulia Rachman Sampaikan Nota Jawaban Walikota Atas Pemandangan Umum Fraksi Fraksi, Senin(8/8) /Pea
Medan,DP News

Rapat Paripurna DPRD Medan guna mendengar Nota Jawaban Walikota Medan atas pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah dilaksanakan, Senin(8/8) dipimpin Ketua Hasyim, SE di ruang sidang dewan. 


Meski molor 1,5 jam dari rencana semula pukul 14.00 WIB,penyampaian nota jawaban walikota tetap berlangsung dengan minimnya kehadiran anggota dewan. 


Walikota Medan Bobby Nasution tidak bisa hadir karena masih mengikuti juti Rakernas Apeksi Wilayah 1 di Padang dan diwakili Wakil Walikota Aulia Rachman dan Sekda Ir Wiriya Alrahman. 

Secara bergantian,Aulia dan Wiriya membacakan nota jawaban yang intinya menekankan bahwa masukan bahkan kritikan buang disampaikan fraksi fraksi sangat berharga dan dijadikan bahan pertimbangan dan evaluasi dalam pembahasan Ranperda. 


Dalam nota jawabannya, walikota menyebutkan dengan Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah ini akan semakin terencana,transoaran dan akuntabilitas yang didukung integritas dan kepatuhan pengelola keuangan terhadap peraturan yang berlaku. 


Hal lain adanya perubahan dimana belanja langsung dan tidak langsung akan dimasukkan dalam belanja operasional. 

Menangkapi pertanyaan Fraksi Partai Gerindra katanya untuk tidak terjadi ketidaksinkron maka perlu efektivitas dan efisiensi melalui konsistensi antara anggaran pusat dan daerah.


Di pihak lain soal dana kelurahan sebagaimana disoroti Fraksi PAN katanya  sudah lebih optimal dibanding tahun sebelumnya. Sedang nengatasi kebocoran keuangan daerah melalui pengadaan e-katalog,UPL, LPSE serta penyetoran uang sudah melalui transfer. 


Menyinggung agar jangan terjadi SILPA, langkah yang diterapkan antara lain  pengawasan periodik dan berkala agar dilakukan percepatan pengadaan barang dan jasa di masing masing OPD. Selain itu,setiap bulan harus membuat laporan keuangan ke Menkeu agar semakin efektif, transparan dan akuntabilitas. 


Rapat paripurna dewan untuk mendengar pendapat akhir fraksi fraksi atas Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah ini akan dilanjutkan sesuai jadwal. (TS/d)























×
Berita Terbaru Update