Notification

×

Iklan

Iklan

Walikota Medan: Kepesertaan BPJS Kesehatan di Medan Sekitar 96%, Tahun Depan 98 Persen

12 September 2022
Foto: Walikota Medan M Bobby Nasution Serahkan Nira Jawaban Kepada Ketua DPRD Medan,Senin(12/9) /Tums
Medan,DP News                       

Walikota Medan M Bobby Nasution mengatakan capaian kepesertaan BPJS Kesehatan Tahun 2022 in minimal 96% dari jumlah penduduk.Di Tahun 2023 nanti, capaian kepesertaan BPJS Kesehatan sebesar 98% dari jumlah penduduk,.


Hal itu dikatakan Bobby Nasution dalam Rapat Paripurna Nota Jawaban Walikota Medan tentang Ranperda P-APBD TA 2022 di Gedung DPRD Medan,Senin (12/9).


Dijelaskan,sampai dengan September,capaian kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tercatat sudah mencapai 92,06% sehingga masih ada kekurangan sekitar 3,94%. Oleh karenanya untuk memenuhi tingkat capaian tersebut, ungkapnya, melakukan pemenuhan kuota Penerima PBI-JK_Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) dengan mengajukan penduduk yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk menjadi peserta PBI-JK.


“Selain itu melakukan pengusulan kepesertaan sesuai dengan ketersediaan kuota yang ada. Kemudian melakukan perhitungan dan pemantauan kepesertaan serta kebutuhan/ketersediaan kecukupan anggaran di tingkat APBD. Serta melalui marketing BPJS, diusahakan dapat meningkatkan capaian kepesertaan di luar segmen PBI-JK maupun PD Pemda/PD Provinsi,” kata Bobby. 


Selanjutnya mengenai  rencana pengoperasian Rumah Sakit Tipe C Medan Labuhan (RSUD J Bachtiar Djafar, Bobby didampingi Wakil Walikota H Aulia Rachman menjelaskan akan segera dilakukan setelah terpenuhinya ketentuan-ketentuan diatur Permenkes No.340/Menkes/Per/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit.


Menyinggung E-Parking pada dasarnya merupakan bentuk intensifikasi perpajakan/retribusi daerah melalui tata Kelola yang berbasis elektronik.Untuk itu sampai saat ini, telah dioperasikan E-Parking di 66 ruas jalan dan sampai akhir tahun 2022 direncanakan menjadi 253 ruas jalan,ungkapnya.


Sebelumnya, Bobby Nasution menjawab pemandangan umum Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat serta Fraksi Gabungan. Setelah itu orang nomor satu di Pemko Medan itu menyerahkan Nota Jawaban Wali Kota Medan tentang Rancangan P-APBND TA 2022 kepada Ketua DPRD Medan Hadyim, SE. (Tums/d) 
























×
Berita Terbaru Update