Notification

×

Iklan

Iklan

320 M Tanggul dan 7 Pintu Pompa Dibangun Antisipasi Banjir Rob Sungai Belawan

29 Oktober 2022
Foto:Kondisi Banjir Air Rob di Belawan Beberapa Waktu Lalu/Dok
Belawan,DP News

Kota Belawan dirancang dalam 4 kawasan penanggulangan banjir rob.Zona A (Kelurahan Belawan I),fokus kepada perlindungan fasilitas strategis melalui program tanggul 378 m dan parapet 598 m, 2 pintu pompa dan 1 polder serta collector drain 920 m.


Kemudian Zona B (Kelurahan Belawan I dan Belawan II),luapan banjir rob dari arah Sungai Belawan ke arah Kelurahan Belawan I (seluas 24,5 ha) direncanakan akan ditahan dengan pembangunan tanggul sheet pile sepanjang 320 m. Lalu, peninggian jalan sebagai tanggul 1.551 m, collector drain 1.600 m dan 7 pintu pompa. 


Selain itu, untuk luapan banjir rob yang datang dari anak Sungai Deli ke arah Kelurahan Belawan II (70 ha) dikendalikan dengan pintu pompa.


Untuk Zona C (Kelurahan Belawan Bahari), lanjut Rachman, luapan banjir rob akan ditahan dengan pembangunan parapet + collector drain sepanjang 1.573 m, parapet 225 m, 3 pintu pompa. 


Area perumahan di Kelurahan Belawan Bahari Blok BB 1 dan 2 ini merupakan area paling parah masuk dan merupakan lokasi prioritas PKE sehingga perlu diprioritaskan untuk ditangani. 


Sedangkan di Zona D (Kelurahan Bagan Deli), sebut Rachman, penanganan banjir rob tidak diperlukan mengingat banjir pada kawasan ini akan tereduksi pada saat Bendungan Lau Simeme selesai dibangun (2024) dan floodway Sungai Deli dan Sungai Percut difungsikan. 


Beberapa rumah tidak layak huni dan infrastruktur permukiman di Kelurahan Bagan Deli terutama Lingkungan 1, 2, 13, bilangnya, perlu ditingkatkan kualitasnya.


Kepala BPIW (Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir Rachman Arief menyampaikan,Sabtu(28/10) bahwa Rencana Pencanangan Penanganan Terintegrasi Kawasan Belawan merupakan upaya percepatan pembangunan tanggul dan rumah panggung di Kecamatan Medan Belawan.Syaifil/Redaksi
























×
Berita Terbaru Update