Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Liang Pematang Kembangkan Konsep Pertanian Terpadu: 3 November Diresmikan Airlangga Hartarto.. .

23 Oktober 2022
Foto: Bupati Deliserdang Ashari Tambunan Tinjau Jalan Pengembangan Desa Liang Pamatang Deliserdang Menjadi KPT
Deliserdang,DP News

Desa Liang Pamatang di Kecamatan STM Hulu, Deliserdang dikembangkan dengan konsep Kawasan Pertanian Terpadu yang direncanakan,Kamis(3/11) nanti diresmikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.Konsep ini didukung potensi di Kecamatan STM Hulu begitu luar biasa, baik dari bidang pertanian, maupun bidang lainnya.


Pengembangan Konsep Pertanian Terpadu ini sesuai dengan visi misi Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera.Di STM Hulu ini ada lahan pertanian bawang merah, salah dan lainnya. Jadi, salahlah kita kalau potensi ini tidak bisa dimanfaatkan untuk pengembangan potensi STM Hulu. 


Pintu masuk hanya sejengkal. Bandara Kualanamu ada di Deli Serdang, Pelabuhan Belawan ada di Medan, Kuala Tanjung (pelabuhan) ada di Batu Bara.Jadi, tidak mungkin produk-produk kita kalah,kata Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan saat meninjau persiapan launching KPT Liang Pamatang. 


Terkait pembangunan jalan yang menghubungkan Desa Liang Pematang dengan Bahbah Buntu, dan akses jalan lainnya,bupati mengemukakan Pemkab Deli Serdang akan berkoordinasi dengan Pemprovsu. 


"Jalan-jalan provinsi akan segera ditangani sesuai proyeknya. Jadi, nanti akan kita koordinasikan apakah masuk ke dalam proyek infrastruktur sebesar Rp2,7 triliun, seperti di Kutalimbaru.Kita akan desak Pemprov Sumut, jalan kabupaten akan kita upayakan.Paling lambat nanti dimulai Tahun 2023 nanti sampai 2024," jelas bupati.


Kades Pematang Liang Bahagia Tarigan mengemukakan Menko  Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dijadwalkan,Kamis(3/11) mendatang akan launching KPT Liang Pamatang.


Keterangan diperoleh,Minggu(24/10) program 1.000 Ha KPT (Kawasan Pertanian Terpadu) Deli Serdang merupakan kolaborasi antar stakeholder dengan  mengintegrasikan sektor pertanian seperti buah, sayur dan olahan dengan sektor peternakan, perikanan dan pariwisata.


KPT Liang Pamatang memerlukan dukungan Pemkab Deli Serdang di bidang peningkatan infrastruktur terutama mengarahkan jalan alternatif Kota Medan ke Berastagi dapat melalui Kawasan Pertanian Terpadu (Liang Pematang – Deli Serdang ke Barus Jahe – Kabupaten Karo).


Hal ini penting dalam upaya KPT Deli Serdang menjadi Object Daya Tarik Wisata (ODTW Agrowisata) alternatif di Provinsi Sumatera Utara. Tim DP/Redaksi



 




























×
Berita Terbaru Update