Notification

×

Iklan

Iklan

Hasyim: Butuh Kolaborasi Pemko Medan dan Pemkab Deliserdang Pugar Makam Guru Patimpus

23 Oktober 2022
Foto: Peluncuran Buku Guru Patimpus Sembiring Pelawi dan Pemugaran Makam, Sabtu(22/10)/Dolok S
Medan,DP News

Ketua DPRD Medan Hasyim,SE minta Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang memberikan perhatian khusus pemugaran Makam Guru Patimpus karena merupakan sejarah penting bagi kedua daerah.Inilah cara kita memberikan penghormatan atas jasa Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Semoga Pemko Medan dan Pemkab bekerjasama dengan baik menjadikan tempat tersebut menjadi destinasi wisata. 


Selain itu Hadyim apresiasi peluncuran buku dan pemugaran Makam Guru Patimpus Sembiring Pelawi di Desa Lama, Hamparan Perak,Deli serdang.Peluncuran Buku 'Bunga Rampai Kisah Perjalanan Guru Patimpus Sembiring Pelawi" di Convention Hall, Hotel Danau Toba Internasional Medan,Sabtu (22/10) malam.


Dari sejarah yang diingat, Hasyim menambahkan, sesungguhnya kehadiran kita di sini sebenarnya adalah bentuk penghormatan kepada sang Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Sebagaimana kita ketahui dari berbagai literasi lebih kurang lebih dari 435 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 1590 silam. 


"Mungkin saat itu Guru Patimpus tidak pernah membayangkan kota yang beliau buka dahulu, sekarang telah menjadi kota besar. Kita bisa membayangkan saat membangun kota Medan dahulunya adalah sebuah hutan yang dibelah dan tidak tahu seperti apa sepinya, namun beliau tetap gigih membuat sebuah perkampungan. Jikalau beliau masih hidup hingga saat ini, menyaksikan kota yang dulu dibuatnya dan sekarang berkembang dan maju, tentu beliau akan sangat bangga"ujarnya Hasyim. 



Beberapa bulan lalu,kami sudah melihat kondisi makam yang memprihatinkan dan seolah tidak diperhatikan, sangat tidak layak disebut sebagai makamnya Founding Father Kota Medan. Untuk itu perlu kita dukung kembali pemugaran Makam Guru Patimpus,sebutnya.


Pada acara, selain dihadiri empat garis keturunan Guru Patimpus dan Ketua Panitia, dr. JP Roy Kaban, juga hadir anggota DPRD Kota Medan Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.Pd.B dan David Roni Ganda Sinaga, SE, perwakilan Walikota Medan, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang dan lainnya.Dolok S/Redaksi
























×
Berita Terbaru Update