Notification

×

Iklan

Iklan

Kembalikan Padang Lawas Lumbung Sapi Seperti Zaman Belanda: Tahun 2020,Produksi Sapi Sumut 22.021 Ton

14 Oktober 2022
Foto: Instalasi Ternak Sapi di Desa Tanjung Beringin,Kecamatan Barumun Selatan,Palas/Dok
Palas,DP News

Kabupaten Padang Lawas (Palas) diharapkan kembali menjadi daerah sentra penghasil sapi layaknya di Zaman Belanda..Kalau sekarang kita lihat sudah kebun sawit hampir keseluruhan namun peternakan juga harus digalakkan sebagaimana sejarah dari nama ini dahulu zaman Belanda. 


Gubsu Edy Rahmayadi pun berpesan kepada Plt Bupati Palas, agar daerah ini dikembalikan menjadi  sentra penghasil ternak sapi. Karena, berdasarkan sejarah, nama dari Padanglawas (Padang yang luas) yang ditetapkan Belanda pada masa penjajahan dahulu difungsikan sebagai daerah peternakan untuk menghasilkan daging dan susu sapi. 


Sementara itu, update data terbaru, hasil komoditi di Palas yakni cabai rawit -69%, cabai rawit -37%, bawang merah -99%, bawang putih defisit. Sedangkan komoditas peternakan defisit daging ayam -89%, dan susu defisit 100%.


Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Forkopimda Palas, di lahan pertanian Dinas Pertanian Palas, di Sibuhuan, Palas. Juga menyerahkan bantuan benih cabai merah, bawang merah dan jagung kepada kelompok tani Palas. 


Tahun lalu,diresmikan instalasi pembibitan ternak sapi potong di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) mendorong Palas menjadi salah satu lumbung ternak di Sumut.


Peresmian instalasi pembibitan ternak sapi seluas 6 hektare dan mampu menampung 300 ekor sapi tersebut dengan rumput atau pakan ternak seluas 16 ha, yang mampu memenuhi kebutuhan pakan ternak sapi yang ada.


Jenis sapi yang diternak baragam, mulai dari Brahman  hingga Limosin. Begitu juga dengan  jenis rumput yang ditanam, mulai dari odot, kingres hingga pakcong.


Sementara itu dari penelusuran,Jumat(14/10) malam, ternyata Sumut pernah berada di peringkat ke-8 sebagai daerah produsen daging sapi di Indonesia dengan produksi sebesar 22.021 ton pada Tahun 2020.


Bahkan,Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut Fitra Kurnia pernah mengatakan bahwa secara nasional pada 2020, produksi daging sapi ada 515.627 ton, sementara di Sumut ada 22.021 ton.Dengan produksi 22.021 ton ditambah ada daging impor, Sumut diandalkan menjadi pemasok daging di kawasan Sumatera.
























×
Berita Terbaru Update