Notification

×

Iklan

Iklan

Kopi Sidikalang Terkadang 'Diselip' Kopi Lintong: Bangkitkan Kopi Arabika dan Robusta.....

19 Oktober 2022
Foto:Tanaman Kopi Robusta/Dok
Parbuluan,DP News

Kopi merupakan jenis tanaman keras yang dikenal sejak jaman Hindia Belanda.Tidak asing lagi, biasanya bicara kopi yang langsung teringat  Kopi Sidikalang.Makanya,Ketua Karang Taruna Sumut, Dedi Dermawan Milaya menyampaikan kopi yang ia kenal sejak kecil adalah kopi Sidikalang, dan rasa kopi Sidikalang melekat dalam benaknya hingga sekarang.


Pengakuan Dedi, sejak kecil hanya kenal kopi Sidikalang, bukan Kopi Lintong, tapi kenapa kopi Sidikalang jadi terkesan tertinggal, malah kopi Lintong yang lebih naik namanya. Kami mencoba mengembangkan kembali bagaimana potensi kopi Sidikalang bangkit lagi dan dikenal dunia. 


Sebagai jenis tanaman keras Kopi memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, untuk memenuhi pasar luar negeri dan dalam negeri. Di sisi lain, permintaan kopi terus meningkat hal itu dikarenakan banyaknya pabrik yang mengolah Kopi dalam bentuk atau varian yang beragam dan itu sebagai pemenuhan selera penikmat kopi di dalam negeri ataupun luar negeri. 


Pemerintah Kabupaten Dairi, kurang lebih 2 tahun lalu bersama Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) BAJA Desa Parbuluan dan Karang Taruna Sumut mengembangkan kopi Arabika demplot kopi di Desa Bangun,Kecamatan Parbuluan.


Secara garis besar, ada dua jenis Kopi Sidikalang  yakni Arabika dan Robusta. Kopi Sidikalang Robusta terkenal memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dan rasanya lebih strong dibandingkan Arabika. 


Tempat tumbuhnya juga berbeda, Sidikalang Robusta sudah bisa ditanam di ketinggian 600 - 700 Mdpl, sedangkan kopi Arabika minimal diatas 1.000 Mdpl. 


Kadistan Dairi Robot Simanullang mengatakan Kabupaten Dairi memiliki topografi yang berbukit di jajaran Bukit Barisan yang menjadikannya kaya dengan ragam potensi alam, khususnya produk pertanian, seperti kopi Sidikalang yang telah dikenal di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Erws/Redaksi

























×
Berita Terbaru Update