Notification

×

Iklan

Iklan

Tapanuli Utara Diguncang Gempa Tektonik M6,0: Warga Ngungsi di Tenda Darurat, Lampu Padam, Hujan Turun..

01 Oktober 2022
Foto: Salah Satu Tangkapan di Layar Facebook
Tarutung, DP News

Tapanuli Utara diguncang gempa tektonik,Sabtu(1/10 sekitar pukul 02.28.41 WIB. Pihak BMKG Sumut melalui lam Info BMKB Sumut menuliskan Kejadian dan Parameter Gempabumi: Hari Sabtu 01 Oktober 2022 pukul 02.28.41 WIB wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara diguncang gempa tektonik. 


Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,11° LU ; 98,83° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

 

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas  Sesar Besar Sumatra segmen Renun. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser ( _strike-slip_ ).

*Dampak Gempabumi:*

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Tarutung dengan skala intensitas VI MMI ( *Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar* ), daerah Sipahutar dengan skala intensitas V MMI ( *Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun* ), daerah Singkil dengan skala intensitas IV MMI ( *Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah* ),  daerah Tapaktuan dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ). 


Berdasarkan  informasi sementara gempabumi ini menimbulkan kerusakan pada beberapa rumah warga di Tapanuli. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini *TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI*.

*Gempabumi Susulan:*

Hingga pukul 04.05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 24 (dua puluh empat) aktivitas gempabumi susulan ( _aftershock_ ) dengan magnitudo terbesar M5,1 dan magnitudo terkecil M2,5. 

*Rekomendasi:*

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 


Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan... 

Jaringan Normal

Sementara itu, jaringan internet masih berjalan normal, terlihat dari medsos yang terus menginformasikan kondisi di lapangan. Dari hasil tangkapan layar di salah satu fb yang di-chat menayangkan gvar warga mengungsi di tenda darurat dengan lampu peneranfab seadanya. 

"Ini dampak gempa, ngungsi di tenda darurat", bunyi salah satu info di salah satu fb seraya mengusap formasukan juga turun hujan dan sudah 5 kali gempa susulan.

Sejauh ini belum ada konfirmasi dengan pihak Pemkab Tapanuli Utara tentang kondisi terkini dan penanganan di lapangan. (DP/infobmkg Sumut)
























×
Berita Terbaru Update