Notification

×

Iklan

Iklan

Waduh...Hanya Bangun Gapura Tuntungan Saja Habiskan Anggaran Rp2, 4 M....

20 Oktober 2022


           Screenshot Dari LPSE Pemko Medan,                     Kamis(20/10).

Medan, DP News

Belakangan ini,sedang gencar diperbincangkan berbagai kalangan tentang pemugaran tiga Gapura  'Selamat Datang'  di Kota Medan yakni di Jalan Gatot Subroto, Kampung Lalang,Jalan Sisingamangaraja arah Tanjungmorawa dan Jamin Ginting,Tuntungan.


Namun dari penelusuran DP News,Kamis(20/10)   cukup mengejutkan bahwa untuk pemugaran Gapura Jalan Jamin Ginting menelan anggaran cukup besar. Dari penelusuran di LPSE Pemko Medan, anggaran untuk pemugaran Gapura Jalan Jamin Ginting, Tuntungan mencapai Rp2,4 M. 


Tender proyek pembangunan Gapura Tuntungan dimenangkan CV Putra Andalas Perkasa. 

Sebagaimana diketahui, Gapura jembatan Kampung Lalang yang merupakan batas Medan dengan Deli Serdang arah ke Binjai,Jalan Sisingamangaraja sebagai batas Medan dengan Tanjung Morawa, Deli Serdang dan belakangan di Jalan Jamin Ginting (Tuntungan) yang juga merupakan batas Medan dengan Deli Serdang sedang dibangun kembali. 


Informasi di lapangan,dua gapura sudah dirubuhkan yaitu Gapura Kampung Lalang dan Amplas sedang Gapura Tuntungan hingga segera menyusul dan tinggal menunggu waktu untuk dirubuhkan.


Sementara itu Kadis PKP2R Endar S Lubis mengatakan  untuk gapura di Medan Tuntungan akan mengangkat ciri khas Suku Karo dengan ornamen seperti replika Rumah Jabo, atau Soko Sopo Angin, Tumbuk Lada dan lainnya. Nantinya, juga akan dibuat kolam, air mancur dan taman yang bisa dimanfaatkan sebagai rest area sekaligus tempat bermain keluarga.

“Diangkatnya ciri khas adat atau Suku Karo di gapura Kawasan Medan Tuntungan untuk menghormati Guru Patimpus yang merupakan pendiri Kota Medan dan ia adalah putra Karo bermarga Sembiring Pelawi,” ujarnya.

Namun Endar dalam keterangan tertulisnya yang dirilis Diskominfo Medan samasekali tidak membicarakan anggaran yang bakal digunakan untuk membangun kembali Gapura Tuntungan tersebut. Pea/Redaksi























×
Berita Terbaru Update