Notification

×

Iklan

Iklan

99,27 Persen WUS di Medan Area Sudah IVA Test Deteksi Dini Kanker Serviks

02 November 2022

Medan,DP News

Tingkat kesadaran WUS(Wanita Usia Subur) memeriksakan IVA(Inspeksi Visualn Dengan Asam Asetat Test) dan Saranin cukup tinggi.Tercatat,periode Januari-September 2022, dari 8.452 WUS di Medan Area sebanyak 8.385 telah mengikuti Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) Test dan Pemeriksaan Secara Klinis (Sadanis) atau berkisar 99,27 persen untuk deteksi dini kanker serviks.


Sebagai perbandingan kata Plt. Ketua TP PKK Medan Area Asni Novita Andy Mario,pada Tahun 2021, dari 8.818 Warga Usia Subur (WUS) di Kecamatan Medan Area, sebanyal 8.119 telah mengikuti IVA Test dan Sadanis atau berkisar 92,16 persenpersen,Rabu(2/11). 


Sedangkan Januari-September 2022, dari 8.452 WUS sebanyak 8.385 telah mengikuti IVA Test dan Sadanis atau berkisar 99,27 persen. 


Menyinggung program-program terkait IVA Test  di Medan Area seperti program jangka pendek, sebutnya, mendatakan sasaran IVA Test, sosialisasi di berbagai tempat antara lain Posyandu Balita, sanggar pasutri, pertemuan bulanan PKK, juga melakukan pelayanan serta pemeriksaan IVA Test dan Sadanis.


Sedangkan program jangka panjang, lanjutnya, adalah membentuk Remaja Duta IVA Test, membentuk Sanggar Pasutri IVA Test, membentuk Pejuang/Pemimpin Sadar Kanker Serviks.


Sementara itu,Kadis Kesehatan Medan, Dr. Taufik Ririansyah mengatakan perlu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, khususnya kaum perempuan, tentang pentingnya IVA Test sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks.


Taufik menyebutkan, rendahnya kesadaran kaum perempuan serta merasa malu dan tabu menjadi tantangan tersendiri dalam menyukseskan gerakan IVA Test ini. Untuk itu perlu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Syaiful/Redaksi






























×
Berita Terbaru Update