Notification

×

Iklan

Iklan

Gubsu Keluarkan SE Kepala BPBD Sumut Imbau BPBD Kabupaten/Kota Buka Posko Kesiapsiagaan....

19 November 2022

 

Screenshot SE Gubsu
Medan,DP News

Untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana hidro meteorologi yang diperkirakan hingga Januari 2023, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si imbau BPBD Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara untuk mengambil berbagai langkah.


Langkah itu menurut Lubis, Sabtu(19/11) diantaranya membuka Posko Kesiapsiagaan Terpadu/bersama dengan BMKG, BNPP (SAR), TNI, Polri dan menyampaikan nomor khusus (call center) yang dapat dihubungi 24 jam. 


Kemudian,menyampaikan laporan harian kepada Bupati/Walikota, Kepala BPBD Provsu dan Kepala BNPB di Jakarta dengan materi isi laporan kronologis, jumlah korban dan kebutuhan mendesak. Laporan kejadian bencana di-update selambat-lambatnya per 3 jam. 

Foto: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Ir. Abdul Haris Lubis, M.Si/Dolok S
SE Gubsu Tentang Potensi Bencana

Sebelumnya Gubsu  Edy Rahmayadi keluarkan Surat Edaran Nomor: 360/11886 Tentang Peringatan Dini Potensi Banjir, Longsor, Kebakaran Hutan/Lahan dan Angin Kencang di Sumatera Utara.


Kebijakan ini berdasarkan Surat BMKG I Medan Nomor: ME.02.05/1014/KBB1/IX/2022,perihal Potensi Bencana Hidrometeorologi bulan Oktober 2022.Kepada para bupati/walikota di wilayah Sumatera Utara sosialisasikan antisipasi banjir dan longsor terutama di pinggiran sungai, mulai dari hulu sampai ke hilir. 


Mengecek kembali daerah dan jalan yang rawan longsor akibat curah hujan yang tinggitinggi termasuk potensi angin kencang. Meminitor titik panas (hotspot) dari informasi BMKG dan KLHK. 


Sementara itu,kepada pihak BPBD Sumut terus menjalin komunikasi dengan pihak BMKB Medan.Surat Edaran Gubsu tertanggal 10 Oktober tersebut disosialisasikan BPBD Sumut melalui websitenya. 


Sementara itu mengenai banjir Jumat malam,kata BPBD Medan M Husni, pihaknya menurunkan delapan tim juga dibantu para relawan, Basarnas dan BPBD Provinsi Sumut yang dibagi dalam 5 zona untuk melakukan evakuasi dan penanganan.Tumpal S/Tim DP/Redaksi


























×
Berita Terbaru Update