Notification

×

Iklan

Iklan

Mykuta,Layanan Digital Dairi Percepat Urusan di Tingkat Desa: Juga Bisa Dagang Hasil Bumi....

11 November 2022
Foto:Kadis Kominfo Dairi Aryanto Tinambunan  Dengan Aplikasi “Mykuta” 
Sidikalang,DP News

Kabupaten Dairi kembangkan pelayanan digital dengan sebutan Mykuta.Sebanyak 15 desa menjadi pilot project Mykuta yaitu Desa Onan Lama, Kecamatan Pegagan Hilir, Desa Jambur Indonesia Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Desa Buntu Raja Kecamatan Siempat Nempu, Desa Lae Parira Kecamatan Lae Parira, desa Siboras Kecamatan Silima Pungga-pungga, desa Pegagan Julu IV Kecamatan Sumbul.


Kemudian Desa Sitinjo I Kecamatan Sitinjo, Desa Silalahi I Kecamatan Silahisabungan, Desa Tigalingga di Kecamatan Tigalingga, Desa Parbuluan IV Kecamatan Parbuluan, Desa Pasi Kecamatan Berampu, Desa Bintang Kecamatan Sidikalang, Desa Batu Gungun Kecamatan Gunung Sitember, Desa Silumboyah Kecamatan Siempat Nempu Hulu, dan desa Tanah Pinem Kecamatan Tanah Pinem.


Kehadiran MyKuta untuk mempermudah masyarakat mengurus segala keperluan administrasi, masyarakat tidak perlu ngantri dalam mengurus keperluannya.


Menurut Kadis Kominfo Aryanto Tinambunan, aplikasi “Mykuta” merupakan  aplikasi digital milik Dairi untuk pelayanan administrasi kemasyarakatan berbasis online, pasar desa online, website desa, hingga sapa kepala desa (Kades).


“Saat ini sudah ada 15 desa untuk pilot projects kita dan ke ndepannya desa lain juga kebagian, namun semua ini akan dilakukan secara bertahap"ujarnya,Jumat(11/11) usai sosialisasi secara zoom meeting. 


Dijelaskan,perangkat desa dan masyarakat tinggal download aplikasi Mykuta melalui playstote dan ikuti arahannya.Masyarakat yang sudah memiliki akun Mykuta ini nantinya ketika ingin mengurus keperluan administrasi contoh suket domisili, suket belum menikah, suket sekolah, cukup datang ke kantor desa dan laporkan apa yang dibutuhkan.


Nantinya,aparat kantor desa akan cepat mengeluarkan suket yang dibutuhkan warganya karena semua keperluan administrasi tersebut sudah ada di dalam aplikasi. Cara ini merupakan salah satu cara tercepat dalam melayani masyarakat kita di desa. 


Selanjutnya, Aryanto Tinambunan jelaskan, pemilik akun Mykuta juga bisa memasarkan dagangannya melalui aplikasi Mykuta pada menu “Pasar Desa”. Pasar desa ini akan sangat membantu masyarakat desa yang ingin berjualan namun dagangannya hanya sedikit.


“Kita punya hasil pertanian, namun jika kita jual ke pasar terlalu sedikit dan jika dimakan terlalu banyak. Nah, hal ini bisa kita atasi dengan berjualan di pasar desa.Nantinya, jualan tersebut kita posting di pasar desa, lalu tetangga kita melihat dan membeli jualan kita. Hal itu sudah salah satu solusi untuk kita dan meningkatkan ekonomi didalam desa tersebut,” jelasnya.


Selanjutnya, Aryanto Tinambunan menambahkan, Mykuta ini juga menyediakan fitur sapa Kades. Masyarakat yang sudah memiliki akun bisa menyapa kades masing-masing, menyampaikan aspirasi, hingga menyampaikan keluhan langsung kepada Kades.


Untuk menguatkan program tersebut,Peraturan Bupati Dairi Nomor 35 Tahun 2022, tentang Pedoman Pengembangan desa/kelurahan DiDigital. 


Tidak kalah serunya, Mykuta juga mempersiapkan fitur website desa, dimana segala aktivitas ataupun kegiatan-kegiatan desa yang posting dapat dilihat oleh masyarakat, sehingga masyarakat tau apa kebijakan yang sudah dilakukan desa tersebut.Samios /Redaksi

























×
Berita Terbaru Update