1.200 Petugas Amankan Kelancaran Berlalulintas Saat Natal & Tahun Baru 2020


Medan,DP News                     
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan menggelar Apel Kesiapan Petugas dalam rangka persiapan menyambut Hari Nakal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (21/12). Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi bertindak sebagai pembina apel yang dihadiri sekitar 1.200 petugas, baik itu apratur sipil negara (ASN) maupun tenaga harian lepas(THL). Di apel itu, Akhyar menegaskan Pemko Medan tahun 2020 akan fokus melakukan penataan lalu lintas.
Sebelum memberikan arahan, Akhyar  didampingi Kadishub Kota Medan Iswar Lubis lebih dulu memeriksa barisan seluruh petugas, termasuk kenderaan bermotor baik roda dua maupun empat yang akan mendukung petugas untuk menata arus lalu lintas sehingga lancar pada saat Hari Natal maupun Tahun Baru 2020. Akhyar berharap agar seluruh petugas menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan memberikan layanan yang sebaik-sebaiknya.
Setelah itu Akhyar memberikan Surat Keputusan (SK) Kadis Perhubungan tentang Perpanjangan Kontrak THL Dishub Kota Medan secara simbolis kepada lima orang THL. Diikuti pemberian tumbler sebagai bentuk sosialisasi sekaligus ajakan kepada seluruh jajaran Dishub Kota Medan, agar mendukung upaya Pemko Medan untuk mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam dalam kehidupan sehari-hari.
Apel ini untuk melihat kesiapan selutuh petugas, baik tugas sehari-hari maupun menghadapi tugas khusus menghadapi Natal dan Tahun Baru 2020. "Bagi THL yang sudah bekerja dengan baik, kami ucapkan terima kasih. Sebaliknya bagi yang belum baik, kami akan terus awasi dan evaluasi. Jika tidak ada perubahan maka tidak diperpanjang lagi!" tegasnya.
Akhyar mengatakan, tahun 2020, Pemko Medan akan fokus melakukan penataan lalu lintas di Kota Medan. Untuk itu seluruh jajaran Dishub Kota Medan harus bekerja maksimal dan penuh tanggung jawab, sehingga mampu mengatasi kemacetan arus lalu lintas. Selain melakukan evaluasi management traffic, serta penataan parkir sehingga tidak ditemukannya lagi parkir berlapis yang menjadi salah satu biang kemacetan
Mantan anggota DPRD Kota Medan itu selanjutnya menyoroti masalah parkir. "Mulai 1 Januari 2020, seluruh jajaran Dishub Kota Medan harus fokus menata parkir. Ingat, penataan parkir yang dilakukan tidak arogan, lalukan sesuai aturan dan ketentuan berlaku. Saya tidak mau ada lagi parkir berlapis, sebab memicu terjadinya kemacetan. Kemudian mampu menertibkan masyarakat yang megambil badan jalan untuk tempat berjualan. Silahkan masyarakat berjualan, kita sangat mendukungnya, tapi jangan menggunakan badan jalan karena mengganggu ketenangan dan kenyamanan masyarakat pengguna jalan," ungkapnya.
Terkait dengan penataan parkir yang dilakukan, Akhyar pun menegaskan agar juru parkir harus tertib retribusi. Artinya, retribusi yang diperoleh harus disetor setiap harinya dan jangan sampai menunggak . "Bagi juru parkir tidak tertib retribusi akan ditindak tegas. Jadi setorlah retribusi parkir yang diperoleh. Jangan sekali-kali kita menggunakannya untuk kepentingan pribadi," tegasnya.
Guna mendukung kelancaran penataan yang dilakukan tersebut, Akhyar mengatakan, tahun 2020,  sarana dan prasarana akan ditambah sehingga penataan yang dilakukan maksimal sehingga mampu meminimalisir kemacetan yang terjadi. Sebelum menuntaskan arahannya, Akhyar menanyakan kesediaan seluruh petugas Dishub Kota Medan untuk melaksanakan semua tugas yang baru disampaikannya tersebut. Seluruh petugas Dishub pun langsung menjawabnya serempak, "siap pak".
Apel kesiapan turut dihadiri Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan HM Husni, Kadis Lingkungan Hidup Syarif Armansyah Lubis dan Kabag Humasy Arrahman Pane. Sedangkan Kadishub Kota Medan Iswar Lubis mengatakan, pihaknya akan menurunkan personel untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan berlalulintas bagi umat Kristiani saat melaksanaan ibadah Natal di gereja-gereja. Termasuk, tempat-tempat keramaian lainnya, seperti pusat perbelanjaan saat umat Kristiani hendak memenuhi kebutuhan Natal maupum Tahun Baru 2020.
"Tanpa diminta pun kita akan menurunkan personil  untuk memberikan kenyamanan berlalu lintas kepada umat Kristiani  sehingga  tenang dan damai ketika melaksanakan ibadah Natal. Pemberian kenyamanan berlalulintas juga kita lakukan saat menyambut datangnya Tahun Baru 2020," paparnya.
Bagi umat Kristiani yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru 2020 di kampung halaman, jelas Iswar, Dishub akan melakukan pemeriksaan kenderaan (bus) guna memastikan kelayakannya beroperasi, termasuk para supir sehingga perjalanan menuju kampung halaman  maupun saat kembali  dari kampung halaman  berjalan dengan lancar. "Semua ini kita lakukan bekerja sama dengan Dishub Sumut," jelas Iswar.(Rd)