Antonius: "Jangan Ada Lagi Jalan Berlobang..", Akhyar:"Dinas PU ...Saya Kecewa..."

Foto: Empat "Sekawan" masing-masing Antonius D Tumanggor,Habiburrahman Sinuraya,T Herdiansyah Rendy dan Afif Abdillah (Fraksi Partai Nasdem DPRD Medan) saat mengikuti Sekolah Legislatif baru-baru ini di Jakarta.(Dok.)
Medan,DP News                   
Plt Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si tidak  bisa lagi menahan kekesalan dan kekecewaannya ats kinerja jajaran Dinas PU Medan.Akhirnya Akhyar pun "menyemprot" jajaran Dinas PU Medan dengan secara terbuka di hadapan Forum Perangkat daerah Dinas Pekerjaaan Umum yang dilaksanakan di Hotel Grandhika,Kamiss(27/2).
Akhyar mengungkapkan rasa sangat kecewa atas kinerja Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan yang selama ini dinilai tidak bekerja berdasarkan perhitungan ilmu pengetahuan. Hal ini menyebabkan infrastruktur yang ada di Kota Medan menjadi morat-marit.
Kekecewaan ini disampaikan Akhyar saat menghadiri Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Dinas PU Kota Medan yang bertempat di Hotel Grandhika Medan, Kamis (27/2) pagi.
 Dengan mimik muka tegas, Akhyar mengevaluasi satu per satu pekerjaan yang selama ini dilaksanakan Dinas PU. Mulai dari struktur jalan hingga drainase.
"Saya sangat kecewa, Dinas PU yang seharusnya menjadi garda terdepan dalam pembangunan tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Misalnya pengerjaan hotmix, pada suhu berapa seharusnya hotmix dipadatkan? Itu dari 80-120 derajat Celcius, yang saya temui di lapangan, hotmix dipadatkan ketika sudah dingin, yang terjadi hasilnya masih banyak terdapat rongga hingga mudah hancur. Itu masih satu aspek yang saya paparkan masih banyak lagi pekerjaan lain yang tidak sesuai standar ilmu pengetahuan," tegas Akhyar didepan puluhan peserta forum.

Dikatakan Akhyar, kehadiran Ia di forum ini dikarenakan Dinas PU adalah wajah Kota Medan. Pekerjaan yang dilakukan Dinas PU langsung nyata terlihat oleh masyarakat dan dampaknya juga dirasakan langsung masyarakat Kota Medan. "Kalian  harus menyadari bahwa pekerjaan yang selama ini dilakukan merupakan etalase Kota Medan. Kalian harus sadari itu. Hancur infrastuktur maka hancur pula wajah Kota Medan," ucapnya.
"Saya ingin PU ke depan jauh lebih baik dari PU yang sekarang. Gunakan ilmu yang kalian punya untuk membuat infrastruktur lebih kokoh dan memiliki umur yang panjang serta tidak mudah hancur. Saya akan terus pantau kinerja kalian secara keseluruhan," tegas Akhyar.Sementara itu, Plt Kepala Dinas PU Zulfansyah mengaku siap melaksanakan mandat yang diberikan Plt. Wali Kota Medan untuk memperbaiki kualitas Dinas PU ke depannya. Artinya setiap objek pekerjaan akan diperiksa mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan. 
"Setiap pekerjaan itu harus sesuai dengan rencana dan di awasi sesuai dengan peraturan selanjutnya baru dikendalikan, kalau semua ini sudah baik saya yakin hasilnya pun akan maksimal."kata Zulfansyah.
Sementara beberapa hari lalu,Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Antonius Devolis Tumanggor yang juga anggota Komisi 4 pun sudah gencar menyoroti ketidakberesaan infrastruktur baik berupa jalan dan saluran drainase yang tidak becus.Dengan tegas,Antonius Tumanggor yang duduk dari Dapil 1 itu menekankan agar Tahun 2021 nanti jangan ada lagi jalan-jalan yang berlobang dan parit yang tumpat di Kota Medan.
Rupanya,teriakan anggota dewan dari Fraksi Partai Nasdem ini dicermati Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution dengan luapan kekecewaan kinerja Dinas PU.Dia mengungkapkan kekesalan dengan kinerja yang tidak mengandalkan ilmu sehingga infrastruktur Kota Medan morat-marit.
Antonius Tumanggor pun kembali menekankan agar jalan-jalan berlubang dan partit tumpat harus segera dibenahi di Kota Medan.
"Kita tetap mendesak Plt Walikota Medan untuk memprioritaskan agar jangan ada lagi jalan-jalan berlubang dan drainase tumpat di Kota Medan karena merupakan keluhan warga yang sangat mendesak apalagi di musim penghujan",ujar Antonius saat dihubungi di Jakarta yag kebetulan mengikuti Kunker Komisi 4 DPRD Medan ke Kementerian PUPR.(Rd)