Rekomendasi PDI P Putuskan Satu Paket Bupati/Walikota dan Wakilnya


Jakarta,DP News
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P) bakal mengumumkan rekomendasi bakal calon kepala daerah yang akan mereka usung di 270 Pilkada tingkat provinsi dan kabupaten/kota, secara bertahap.
 "270 rekomendasi di provinsi dan kabupaten/kota akan dikeluarkan secara bertahap mulai minggu depan. Berapa jumlahnya tergantung fit and proper test dan mekanisme yang sudah diselesaikan secara administrasi, kita tunggu saja," kata Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDI-P Puan Maharani di Semarang, Sabtu (15/2). Hal tersebut disampaikan Puan usai membuka Rapat Kerja Daerah di kantor DPD PDI-P Jawa Tengah.
Khusus untuk 21 daerah di Provinsi Jawa Tengah, Puan berharap semua kandidat yang diusung PDI-P bisa menang atau paling tidak mencapai target pemenangan sebesar 70 persen. "Tapi yang namanya politik itu berdinamika, bisa naik bisa turun. Namun, kita tetap solid berjuang bersama dan bergotong royong untuk memenangkan calon-calon PDI-P. Saya optimistia Jateng akan tetap jadi kandang banteng," ujarnya.
Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDI-P sekaligus Ketua DPD PDI-P Jateng Bambang Wuryanto menambahkan, pengumuman rekomendasi bakal calon kepala daerah dari PDI-P akan terbagi menjadi tiga tahap.
Pengumuman rekomendasi tahap pertama akan disampaikan pekan depan, tahap kedua pada pekan pertama Maret 2020, dan tahap ketiga pada akhir Maret 2020. "Kalau di PDI-P, rekomendasi yang dikeluarkan itu satu paket (kepala daerah dan wakil kepala daerah) atau langsung ditunjuk," katanya.
Pria yang akrab disapa Bambang Pacul yang menyetujui, merekomendasikan kandidat Pilkada yang diusung PDI-P akan selesai pada enam bulan sebelum pemungutan suara pilkada. "Setelah itu kita berpikir ke depan untuk mempersiapkan pemenangan bagi pasangan calon kepala daerah atau dengan waktu efektif selama 5,5 bulan," katanya.
Dirinya belum dapat memastikan apakah kandidatnya di Pilkada Kota Semarang dan Solo 2020 akan dikirim juga oleh DPP PDI-P pada pengumuman yang diumumkan pertama kali. "Tahap pertama Jateng pasti ikut, tapi saya tidak mau tahu dan tidak mau mendahului DPP PDI-P. Saya kira petahana yang sudah kuat akan diumumkan pada jam pertama," katanya.(Rd/kompas.com)