Akhyar : Kreatifitas Pelaku UMKM Kota Medan Harus Dipasarkan Secara Global


Medan,DP News               
Sebanyak 73 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) turut ambil bagian dalam acara Gelar Produk UMKM dan Koperasi Kota Medan yang diselenggarakan oleh Pemko Medan melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Medan di Ground Floor Manhattan Times Square, Kamis (12/3). Adapun tujuan dari kegiatan ini agar para pelaku UMKM yang ada di Kota Medan bisa berdaya saing, serta produknya dapat dikenal masyarakat luas sehingga peminat produk tersebut kian bertambah.
Acara yang digelar 9- 15 Maret ini diharapkan para pelaku UKM bukan saja hanya menaikkan omset penjualan pada saat pelaksanaan acara ini saja namun mampu membuka jaringan yang luas di pasar-pasar modern serta dapat saling tukar menukar informasi mengenai produk UKM unggulan di Kota Medan.
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi yang berkesempatan membuka acara tersebut mengatakan, sesungguhnya banyak warga Kota Medan yang memiliki kreatifitas yang luar biasa. Disamping itu, beberapa OPD di lingkungan Pemko Medan maupun kelurahan juga telah melakukan pelatihan untuk warga binaannya.
"Artinya dari sisi kreatifitas banyak masyarakat yang memiliki kreatifitas yang menghasilkan produk yang luar biasa, tetapi cara atau tempat pemasarannya yang mereka tidak tahu. Maka dari itu, mereka perlu dibantu dalam memasarkan produk yang mereka hasilkan," kata Akhyar.
Maka dari itu, Akhyar menjelaskan bahwa hal ini harus diperhatikan sedari dini yakni potensi ekonomi digital generasi milenial. Perubahan pola pikir pemerintah akan berdampak terhadap perkembangan dunia digital di Indonesia. Untuk itu, sudah saatnya UKM melakukan antisipasi agar potensi ekonomi digital generasi milenial ini bisa gigarap dengan optimal.
"Mempelajari peran dunia digital dalam bidang pemasaran produk UKM dan koperasi akan sangat penting untuk perkembangan UKM dan koperasi di masa mendatang," jelas Akhyar.
Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Edliaty Siregar dalam laporannya menjelaskan bahwa sampai saat ini sektor UKM merupakan salah satu sektor yang banyak menyerap tenaga kerja sehingga mampu menekan tingginya angka pengangguran terutama golongan usia produktif.
"Dalam rangkaian kegiatan ini nantinya akan mengadakan perlombaan fashion show anak dan pemilihan stand terbaik yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (15/3). Kegiatan ini juga terdiri dari beberapa produk diantaranya batik, bordir, handycraft, rotan, kulit dan makanan ringan," jelasnya.
Turut hadir dalam acara tersebut, Plt Ketua TP PKK Kota Medan Hj Nurul Khairani Lubis, Ketua Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM) Drs Jabmar Siburian MM, General Manager Manhattan Times Square Albert Simas, mewakili Kepala Lapas Tanjung Gusta Kelas I Medan Darlin Yusuf SH, dan beberapa pimpinan OPD di lingkungan Kota Medan. (hot/Rd)