‘Cakada Jilid II’: 16 Maret Megawati Putuskan Nama Cakada PDI Perjuangan,Termasukkah Medan....


Jakarta,Kompas Com
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P ) akan mengumumkan 12 nama calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Sulsel 2020 pada 16 Maret 2020 mendatang. "Sudah dikerucutkan. Pak Andi Ridwan Wittiri (Ketua PDI-P Sulsel) sudah menyiapkan laporan. Senin akan kita putuskan," ujar Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Krstiyanto usai membuka Rakerda I PDI-P Sulsel, Kamis (12/) .
Terungkap, alasan mengapa kandidat besutan Megawati Soekarnoputri itu terkesan lambat dalam mengusung 12 kandidat kepala daerah di Sulawesi Selatan. "Kami sangat selektif dalam memilih kandidat, menunggu saat ini harus menjalin komunikasi dengan partai koalisi, mengingat kursi PDI-P tidak mencukupi jika menjadi partai tunggal pengusung," katanya.
Dia setuju calon kepala daerah yang diusung di Pilkada sesuai kehendak rakyat Sulsel. "Tidak terkesan lambat tapi kita mencermati dinamikanya karena PDI-P tidak bisa mengusir sendiri tapi kita sudah melakukan survei dan sudah membaca kehendak rakyat itu, '' kata Hasto.
Diketahui, PDI-P baru mengumumkan dua nama calon kepala daerah bersama wakilnya yang diusung di Pilkada Sulsel 2020 Dua nama tersebut adalah paslon bupati-wakil bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto-Andi Makkassau dan paslon Bupati Selayar Basli Ali-Saiful Arif. Sementara berkontribusi nama-nama bakal calon kepala daerah ikut hadir di Rakerda PDI-P Sulawesi Selatan hari ini. Di Makassar ada beberapa nama yang terlihat hadir seperti Mohammad Ramdhan Pomanto, Syamsu Rizal, Munafri Arifuddin, Irman Yasin Limpo hingga Dokter Fadli Ananda. Sementara itu, bakal calon Bupati Gowa Adnan Purichta Yasin Limpo juga ikut hadir. Hadir pula Bupati Soppeng Kaswadi Razak dan Thoriq Husler dari Luwu Timur dan Indah Putri Indriani akan menjadi calon Luwu Utara.
Setelah diumumkan pada 19 Februari 2020, DPP PDI-P akan membahas kembali dan memutuskan pasangan calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada 2020 . Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan paslon yang akan ditentukan disetuju untuk 12 wilayah Sulawesi Selatan. Hasto mengutip rapat akan digelar di Jakarta, Senin (16/3).
"DPP PDI Perjuangan akan menyelesaikan rapat untuk membahas dan memutuskan nama calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Serentak 2020, termasuk 12 pilkada wilayah Sulawesi Selatan," kata Hasto untuk perundingan, Kamis (12/3)
Namun, dia mengatakan belum jadwal soal pengumuman kepala daerah itu. Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri akan segera diumumkan. Ia memutuskan PDI-P mencermati aspirasi rakyat dalam menentukan paslon di Pilkada 2020. Menurut Hasto, pilkada merupakan gelaran milik rakyat. "Sebagai partai, kami tidak boleh membutakan diri terhadap harapan rakyat. Kami harus membuka seluruh panca politik kami," katanya. Hasto kembali mengembalikan PDI-P berhasil menang di 60 persen wilayah. Di Sulawesi Selatan sendiri, PDI-P memenangkan unggul di kebebasan wilayah. Ia mengatakan, PDI-P mempersiapkan para kader yang ikut Pilkada 2020 dengan senang-senang. Selain itu, Hasto menyatakan Pilkada 2020 jadi ajang persetujuan partai.Namun sdejauh itu,Hsto tidak menyebutkan daerah yang akan diputuskan selain Sulsel dan tidak disebut apakah termasuk nama Cawako Medan.(Rd/Kompas.com)