Lagi-Lagi, Akhyar Bagikan Masker di Seputaran Lapangan Merdeka


Medan,DP News                   
Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi terus menggelorakan Gerakan Maskerisasi. Rabu (15/4), Akhyar membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran Lapangan Merdeka Medan. Pembagian ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi sekaligus edukasi kepada masyarakat untuk mengenakan masker, terutama ketika melakukan aktifitas di tengah pandemi  Coruna Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan.
Pembagian masker ini dilakukan Akhyar bersama jajaran Dinas Perhubungan Kota Medan serta unsur TNI dan Polri kepada pejalan kaki, pengendara sepeda motor maupun mobil. Dengan pembagian masker ini, Akhyar berharap agar warga senantiasa mengenakan masker sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.
Sambil membagikan masker, Akhyar juga mengingatkan kepada warga untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat saat Covid-19 menerpa Kota Medan, terutama rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir maupun hand sanitizer. Akhyar pun menghimbau warga agar senantiasa berada di rumah. "Lebih baik tetap  berada di rumah saja. Jika pun terpaksa keluar rumah, wajib gunakan masker," kata Akhyar.
Dikatakan Akhyar, penggunaan masker sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan penggunaan masker, jelas Akhyar, warga yang terjangkit maupun membawa Covid-19 tidak dapat menularkannya kepada warga lainnya yang juga mengenakan masker. "Saya harap masyarakat sadar dan mengerti tentang pentingnya menggunakan masker. Ayo, mari pergunakan masker di mana pun berada," imbaunya.
Sebelum pembagian masker dilakukan, Akhyar lebih dulu memimpin apel sekaligus memberikan arahan kepada seluruh petugas yang ikut dalam pembagian masker tersebut. Setelah itu Akhyar pun memimpin langsung pembagian masker didampingi Kadishub Kota Medan Iswar Lubis. Pembagian masker mendapat apresiasi dari warga yang melintas, termasuk penumpang angkutan kota. Sebab, tidak sedikit diantara mereka yang sulit mendapatkan masker saat ini.
"Kalau pun ada yang menjual, harganya (masker) relatif mahal. Di tengah kondisi perekonomian yang sulit akibat dampak wabah virus Corona ini, tentunya harga masker sangat memberatkan bagi kami. Karena itulah kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt Wali Kota dengan pembagian masker ini," ungkap salah seorang pengendara sepeda motor usai menerima masker dari Plt Wali Kota.
Di sela-sela pembagian masker, Akhyar juga mengimbau warga agar melaksanakan physical distancing jika berada di keramaian minimal berjarak 1,5 meter. Sebab, pembatasan jarak ini cukup efektif untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat serta menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.(Hot/Rd)