Besok,Bupati Samosir Ikuti Evaluasi Percepatan Penangan Covid-9 di Medan

Samosir,DP News
Kadis komimfo Kabupaten Samosir Rohani Bakara yang juga juru bicara protokol  kesehatan gugus tugas GTPP Covid-19 ,dalam siaran persnya ,menyebutkan,(22/7) di Pangururan.bahw delapan provinsi (Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur) masuk dalam prioritas penanganan COVID-19 secara nasional. Penetapan prioritas ini didasarkan kontribusi 74 persen dari total kasus yang ada di Indonesia. Kontribusi ini didasarkan pada penerapan protokol kesehatan yang belum optimal dalam perilaku hidup masyarakat di luar rumah selama pandemi COVID-19.
Untuk prioritas penanganan ini, GTPP COVID-19 Samosir akan berkordinasi secara intensif dengan GTPP COVID-19 Sumatera Utara dalam mencegah dan menangani COVID-19 di Sumatera Utara terkait delapan prioritas dimaksud. 
Dijadwalkan,Kamis (23/7) besok, Bupati Samosir Rapidin Simbolon selaku Ketua GTPP COVID-19 akan mengikuti Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Percepatan penanganan COVID-19 di Posko Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara, Pendopo Gubernur Sumatera Utara,Medan.
Dan hasil evaluasi itu akan disusun dalam kebijakan strategis yang dikeluarkan oleh GTPP COVID-19 Samosir dalam bentuk konsep, strategi, dan teknis pelaksanaannya. Upaya ini diharapkan tidak hanya menurunkan kontribusi 74 persen dimaksud tetapi juga sedapat mungkin menurunkannya hingga menjadi nihil,sebutnya.
Masih kata Rohani,GTPP COVID-19 Samosir tetap mengimbau masyarakat Samosir untuk melakukan protokol kesehatan secara ketat: (1) gunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah, (2) sering cucici tangan dengan sabun di bawah air mengalir, (3) jaga jarak interaksi fisik sejauh 1-2 meter, (4) tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, (5) hindari kerumunan sedapat mungkin, (6) tunda bepergian ke daerah zona merah jika tidak perlu, (7) perhatikan ventilasi ruang tertutup, (8) tetap ikuti perkembangan pencegahan dan penanganan COVID-19 dari sumber-sumber yang resmi,jelasnya.
Mari kita dukung penanganan yang dilakukan GTPP COVID-19 Sumatera Utara demikian juga COVID-19 Samosir agar prioritas penanganan secara nasional dapat berhasil menekan peningkatan jumlah kasus setiap harinya. Kita memiliki tujuan sama, COVID-19 dapat dikendalikan dan dihindari dengan kesungguhan dan disiplin yang tinggi sehingga masyarakat dapat produktif dan aman dari COVID-19,ajak Rohani (ML/r)
Informasi COVID-19, Rabu (22/7)
Nasional
Konfirmasi : 1.882 orang (91.751)
Sembuh : 1.789 orang (50.255)
Meninggal Dunia : 139 orang (4.459)
Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi (+) : 169 orang (3.163) 
Sembuh : 26 orang (824) 
Meninggal Dunia : 7 orang (161)Kabupaten Samosir
Suspek : 1 orang
Konfirmasi : nihil
Sembuh : Nihil 
Meninggal Dunia : Nihil