Samosir Kembali Zona Hijau,Wisata Aman Patuhi Adaptasi Kebiasaan Baru


Samosir,DP News 
Terhitung 31 Juli,Samosir telah membuka kembali objek-objek wisata bagi pelaku perjalanan wisata. Pembukaan kembali ini menawarkan peluang sekaligus tantangan: peluang menggerakkan roda perekonomian pada sektor pariwisata, tantangan konsistensi mencegah dan menangani Covid-19 dalam proses berwisata.
Sejauh ini, persiapan-persiapan akomodasi dan objek-objek wisata telah dilakukan berbasis protokol kesehatan. Indikator kesiapan sementara mengacu kepada pembukaan wisata bagi warga Samosir terhitung 1 sampai dengan 30 Juli. Rilis dari Dinas Kesehatan Samosir,Rabu(29/7) lalu menyatakan Samosir telah kembali zona hijau nihil suspek dan konfirmasi. 
Secara teknis, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir akan tetap melakukan pantauan proses pembukaan kembali ini dengan meningkatkan koordinasi dengan pelaku usaha pariwisata setiap harinya. Bila diperlukan, Satgas Covid-19 akan melakukan tindakan-tindakan segera dan perlu untuk mencegah Covid-19 di Samosir. 
Wisata aman di Samosir adalah tanggung jawab para pelaku perjalanan wisata di satu sisi, dan pelaku usaha wisata serta seluruh masyarakat Samosir di sisi lain. Namun tindak koordinasi inti ada pada Satgas Penanganan Covid-19 Samosir.hal ini disampaikan Kadis Kominfo Rohani Bakara dalam siaran persnya di Pangururan,Kamis(30/7).
Lanjut Rohani,wisata aman di Samosir sedikitnya bertumpu pada beberapa hal. Pertama, pelaku perjalanan wisata sebelum berkunjung dapat memastikan bahwa mereka bukan carrier (pembawa) terjadinya transmisi lokal. Kedua, pelaku usaha wisata memastikan protokol kesehatan dijalankan secara konsisten. 
Ketiga, masyarakat di sekitar objek wisata tetap melakukan kebiasaan baru (gunakan masker, jaga jarak interaksi, sering cuci tangan dengan sabun pada air mengalir). Tiga hal ini perlu diperhatikan untuk memberhasilkan wisata aman di Samosir.
Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir siaga mitigasi bilamana ada penularan Covid-19 di titik teridentifikasi untuk melakukan pengujian, penelusuran, dan perawatan atau tindakan medis lanjutan. Juga, bila ada pertimbangan teknis yang akurat, valid, dan akuntabel, Satgas Covid-19 akan melakukan tindakan preventif dengan menutup kembali akomodasi dan objek-objek wisata.
Satgas Penanganan Covid-19 mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) menjadi Kebiasaan Permanen selama pandemi yaitu pakai masker, sering cuci tangan pada air mengalir dan/atau dengan hand sanitizer, jaga jarak aman interaksi, tingkatkan imunitas, dan tetap berdoa meminta perlindungan kepada Tuhan, Allah Semesta Alam kiranya kita terlindung dari Covid-19, tutup Rohani ( Ml /r)
Nasional
Konfirmasi : 1.904 orang (106.336)
Sembuh : 2.154 orang (64.292)
Meninggal Dunia: 83 orang (5.058)
Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi (+) : 309 orang (3.827)
Sembuh : 297 orang (1.247)
Meninggal Dunia : 6 orang (188) 
Kabupaten Samosir
Suspek : Nihil
Konfirmasi : Nihil
Sembuh : 1 orang 
Meninggal Dunia : Nihil