Sinkronisasi Kesehatan dan Ekonomi Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Samosir


Samosir,DP News 
Saat ini pemerintah sedang mensinkronisasi kesehatan dan ekonomi dalam normal baru yang sedang kita jalani saat ini. Namun, keberhasilan sinkronisasi ini bergantung pada seberapa efektifnya  dan disiplinnya masyarakat melakukan protokol kesehatan dan pedoman normal yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir.
Hal ini disampaikan Kadis Kominfo Smosir Rohnai Bakaraj yang juga uru bicara GTPP Covid -19 di Pangururan,Senin(20/7).
Disebutkan,dari sisi kesehatan, GTPP COVID-19 Samosir tetap melakukan pencegahan dan penanganan COVID-19 di pintu-pintu masuk Samosir jalur darat dan danau,disinfektanisasi ruang-ruang publik, sosialisasi normal baru, penyiapan fasilitas kesehatan (Alat Pelindung Diri), dan jaring pengaman sosial (tunai dan natura).
Dari sisi ekonomi, GTPP COVID-19 Samosir melalui Surat Edaran Bupati Samosir Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease (COVID-19) Bidang Penyelenggaraan Kegiatan Pariwisata Lainnya, Olah Raga, Kepemudaan dan Sosial Budaya, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Tradisional, Transportasi Publik, Pelayanan Kesehatan, Pelayanan Pendidikan dan Sekolah, Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pelayanan Perizinan di Kabupaten Samosir menggerakkan roda perekonomian berbasis protokol kesehatan. Dengan kehati-hatian, GTPP COVID-19 Samosir tetap melakukan evaluasi berjalan dan melakukan tindakan preventif bilamana penyebaran belum terkendali,ujarnya.
Lebih lanjut disampaikan bahwa GTPP COVID-19 Samosir tetap mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan (pakai masker, sering cuci tangan dengan sabun di air mengalir atau hand sanitizer, jaga jarak) agar sinkronisasi kesehatan dan ekonomi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Samosir dari sisi pendapatan dan pengeluaran. 
Jika ini dapat dilakukan, maka pertumbuhan ekonomi yang menurun akibat dampak penyebaran COVID-19 di nusantara akan dapat ditingkatkan secara berangsur-angsur. Oleh karena itu, mari lakukan protokol kesehatan dan pedoman normal baru secara konsisten, disiplin, dan kewaspadaan ketika beraktivitas di luar rumah,himbaunya. ( ML/-r)
Informasi COVID-19, Senin (20/7)
Nasional
Konfirmasi : 1.693 orang (88.214) (Asimptomatik/Simptomatik)
Sembuh : 1.576 orang (46.977)
Meninggal Dunia: 96 orang (4.239)
Provinsi Sumatera Utara
Suspek : 329 orang
Konfirmasi : 2.952 orang (Asimptomatik/Simptomatik) 
Sembuh : 768 orang
Meninggal Dunia : 150 orang
Spesimen Diuji : 17.701 sampel
Cara : Tracing secara agresif
Kabupaten Samosir
Suspek : Nihil
Konfirmasi : 1 orang
Sembuh : Nihil 
Meninggal Dunia : Nihil