Antonius Tumanggor: Bantu Ekonomi Rakyat,Kembangkan Tanaman Holtikutura di Pekarangan Rumah



Medan,DP News
Semakin menyempitnya lahan pertanian di kota Medan dampak dari perkembangan pembangunan gedung-gedung yang kian menjamur, menjadi  perhatian anggota DPRD Kota Medan, Antonius Devolis Tumanggor, S Sos. Untuk mengantisipasi agar Kota Medan tidak terjadi krisis lahan untuk pertanian,Antonius  mengajak waega memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggal.
"Sudah saatnya  dipikirkan masyarakat bagaimana memanfaat lahan-lahan kosong yang selama ini tidak dimanfaatkan. Lahan-lahan tersebut  hanya ladang atau kebun, bisa juga pekarangan rumah, meskinitu hanya beberapa meter. Tanamannya yang cocok adalah jenis holtikultura yang tidak membutuhkan lahan yang luas,"kata politisi dari Partai NasDem ini kepada wartawan,  Kamis (27/8) di Sopo Restorasi Jalan Mesjid, Kecamatan Medan Barat. Turut mendampingi Drs.Nelson Nababan, Piet, Victor Hutauruk dan tim Sopo Restorasi.
Menurut Antonius, untuk mendukung ketahanan pangan nasional salah satunya adalah tanaman Holtikultura yang dapat membantu dan mendukung perekonomian kelompok masyarakat di kota Medan.
"Untuk itu perlu kiranya Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan mendukung dan memfasilitasi program pengembangan tanaman holtikultura secara intensif. Kadisnya nanti akan kita hadirkan nanti untuk membimbing masayarakat," terangnya.
Lanjutnya, jenis  pengembangan budidaya tanaman holtikultura antara lain, bawang merah, cabai, dan sayuran yang dilaksanakan di lahan hamparan terbuka dan di lahan-lahan yang sempit dengan menggunakan sistim vertikultur dan polybag.
"Jika ini terlaksana, maka, dapat meningkatkan produksi dan pendapatan masyarakat, juga mendukung program ketahanan pangan nasional,"terang wakil rakyat asal Dapil 1 Kota Medan ini.
Menurut anggota dewan yang duduk di Komisi IV DPRD Kota Medan ini,  target nya akan dilaksanakan di 21 kecamatan yang ada di Kota Medan. Dan akan direncanakan dapat terlaksana pada Tahun 2021 mendatang.
" Untuk itu, nantinya, pada reses saya yang ke 3, yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2020 di Jalan Matahari Raya kelurahan Helvetia Tengah, akan menjadi topik pembahasan khusus dan akan mengundang langsung narasumber yakni, Kadis Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Kadis PU Kota Medan, Kadis Sosial Kota Medan, serta Camat Medan Helvetia  dan Lurah,"sebutnya.
Sementara, Ketua Tim Sopo Restorasi ATR Nelson Nababan menambahkan, kondisi ini sangat dibutuhkan apalagi dimasa pandemi COVID-19 ini, sebagian besar warga banyak tinggal dirumah, sehingga untuk menghilangkan kejenuhan, bisa melakukan aktivitas bercocok tanam seperti Holtikultura.
"Ini tentunya akan dapat memunculkan kegiatan ekonomi kreatif, dan sangat membantu perekonomian keluarga terutama di masa pandemi saat ini," juga dapat memanfaatkan lahan-lahan sempit di sekitar lingkungan tempat tinggal,"pungkas Nababan yang juga Kepala Sekolah di St.Thomas 2 Medan.(Rd)