Kegiatan di Ruang Publik Sudah Berjalan Normal Untuk Pemulihan Ekonomi Samosir


Samosir,DP News
Kegiatan di ruang-ruang publik di Samosir sudah berjalan normal dengan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 Samosir berharap kenormalan ini tetap terjaga dan aman dari Covid-19. Itulah harapan yang akan kita wujudkan bersama. Kesiapan mitigasi perlu tetap disiagakan manakala hal yang tidak diinginkan terjadi serta merta. Namun demikian, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir akan mengantisipasi ini melalui evaluasi harian yang dilaksanakan,kata Kadis Komifo Rohani Bakara melalui siaran persnya,Selasa(18/8).
Dikatakan Rohani,berjalan normal untuk pemulihan ekonomi terutama di sektor pariwisata sangat diharapkan sampai akhir tahun 2020 dengan target pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak begitu turun secara signifikan. Hal yang serupa juga diharapkan pada sektor-sektor utama lainnya. Kiranya kenormalan ini juga memiliki dampak langsung pada kehidupan masyarakat tidak hanya secara ekonomi tetapi juga aspek-aspek kehidupan lainnya.
Di tengah-tengah kenormalan ini, kita perlu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan protokol kesehata secara konsisten ketika melakukan kegiatan di luar rumah. Secara sederhana, jangan lupa gunakan masker, jaga jarak interaksi (1-2 meter), dan sering cuci tangan dengan sabun pada air mengalir. Kita belum punya vaksin untuk saat ini namun perubahan perilaku berbasis protokol kesehatan merupakan standar utama agar kita aman dari Covid-19 seraya beraktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,ujarnya.
Lebih lanjut,Satgas Penanganan Covid-19 Samosir tetap melakukan bagiannya yaitu disinfektanisasi ruang-ruang publik dan menjaga pintu masuk dengan pengukuran suhu tubuh. Idealnya, masyarakat juga melakukan bagiannya yaitu protokol kesehatan secara ketat. Jika kita melakukan bagian kita dengan baik dan benar, maka tujuan kita yaitu tetap produktif dan aman dari Covid-19 akan dapat kita capai sambil menunggu tersedianya vaksin pada tahun 2021 mendatang. 
Kita berharap tidak hanya berjalan normal tetapi juga mampu melakukan percepatan dalam melakukan pemulihan pada semua sektor-sektor kehidupan dengan tidak mengabaikan potensi penularan Covid-19 yang ada di tengah-tengah kita. Mari kita doakan pemulihan dan percepatan terjadi secara simultan dengan sinergitas yang tinggi antara Satgas Penanganan Covid-19 dengan seluruh elemen masyarakat,pungkasnya. (ML-r)
Data Perkembangan Covid-19, Selasa (18/8)
Nasional
Konfirmasi : 1.673 orang (143.043)
Sembuh : 1.848 orang (96.306)
Meninggal Dunia: 70 orang (6.277)
Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi : 130 orang (5.820)
Sembuh : 81 orang (2.740)
Meninggal Dunia : 8 orang (256)
Kabupaten Samosir
Konfirmasi : 1 orang
Sembuh : 1 orang 
Meninggal Dunia : Nihil