Upacara HUT ke-75 RI di Kantor Gubsu: Peserta Terapkan Protokol Kesehatan


Foto/detik.com
Medan,DP News
Peringatan detik-detik Prklamasi Kemerdekaan ke-75 RI dilaksanakan dalam suasana terbatas dengan memedomani protkol kesehatan.Di Sumatara Utara yang biasanya di Lapangan Merdeka Medan dengan penuh meriah namun karena pandemi Covid-19,taahun ini ditiadakan dan hanya ddilaksanakan di kantor-kantor pemerintah dengaan suasana keterbatasan.
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekhshah (Ijeck) yakin momen HUT ke-75 RI bikin warga makin kompak menghadapi pandemi COVID-19. Hal ini dia sampaikan saat menjadi inspektur upacara HUT ke-75 RI di Lapangan Kantor Gubsu, Medan.Pantauan detikcom di lokasi , Senin (17/8), upacara dimulai pukul 07.30 WIB. Upacara hanya dihadiri satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov Sumut.
Peserta upacara HUT ke-75 RI terlihat menggunakan masker dan ada juga yang menggunakan face shield. Peserta upacara juga terlihat berbaris dengan jarak 1 meter.
"Ini situasi pandemi COVID ini mempengaruhi semua lini kehidupan kita, hari ini hari HUT kemerdekaan kita berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Lebih sedikit jumlahnya, lebih berjarak semua pasukan, peserta upacara," kata Ijeck setelah memimpin upacara.Ijeck yakin kecintaan terhadap negara tidak berkurang meski upacara hanya dihadiri sedikit peserta. Dia juga yakin upacara kemerdekaan ini akan menambah persatuan masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.
"Tetapi tidak mengurangi rasa kecintaan kita terhadap negara ini. Tidak mengurangi semangat kita untuk berjuang bersama untuk menghadapi pandemi COVID dan membesarkan negara ini. Saya yakin, dengan hari kemerdekaan ini seluruh bangsa Indonesia pasti semakin bersama, semakin kompak, semakin bersatu," ujarnya.
Ijeck juga berharap masyarakat tidak membuat acara yang mengundang keramaian di HUT ke-75 RI. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan ditengah pandemi COVID-19.
"Kita berharap kalaulah seperti biasanya merayakan HUT kemerdekaan dengan acara-acara mengundang keramaian, harapan kita masyarakat Sumatera Utara di tahun ini agar bersabar. Agar mengurangi kegiatan yang mengundang keramaian. Karena kita lebih mementingkan kesehatan saudara-saudara kita, keselamatan seluruh warga Sumatera Utara," jelasnya.(Rd/detik.com)