Gugus Tugas Covid-19 Samosir : Disiplin Protokol Kesehatan Dimulai Dari Keluarga

Samosir,DP News

Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Samosir melalui juru bicara Rohani Bakkara,mengimbau para kepala keluarga di seluruh Samosir untuk tetap mengingatkan para anggota keluarga untuk menanamkan pengertian pentingnya protokol kesehatan ketika keluar rumah. Tidak hanya menanamkan, tetapi menyiapkan keperluan untuk protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer (jika memungkinkan). Di samping itu, tetap mengingatkan pentingnya jaga jarak interaksi terlepas sudah kenal atau belum atau yang lain-lain.

Keluarga merupakan satuan sosial terkecil sebagai benteng utama untuk memberhasilkan pencegahan Covid-19 di Samosir. Para kepala keluarga memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pentingnya protokol kesehatan secara terus menerus. Harapan kita, peran ini benar-benar dilaksanakan dan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 dapat berhasil,imbuhnya .

Rohani mengatakan  apa pun kegiatan di luar terutama yang sifatnya kerumunan, jika protokol kesehatan benar-benar dilakukan secara konsisten, maka kita dapat mengurangi potensi penularan Covid-19. Data lapangan menunjukkan bahwa pengabaian disiplin menjadi penyebab utama dalam normal baru yang telah diberlakukan,ujarnya lagi.

Lebih lanjut,GTPP Covid-19 Samosir mengharapkan Pemerintah Desa agar membuat program aksi sosialisasi pentingnya protokol kesehatan terutama pada kegiatan-kegiatan di desa. Di samping itu, Pemerintah Desa bersinergi dengan tokoh masyarakat, adat, agama, dan PKK desa memberhasilkan pelaksanaan protokol kesehatan sebagai gaya hidup selama pandemi ini.

Mari mulai membentuk kebiasaan melakukan protokol kesehatan di rumah kita dengan harapan budaya protokol kesehatan menjadi kenyataan dalam aktivitas hidup sehari-hari sambil menunggu tersedianya vaksin tersedia secara bebas pada tahun 2021,tandasnya.( ML/heli)

Data Perkembangan Covid-19, Kamis (24/9)

Nasional

Konfirmasi : 4.634 orang (262.022)

Sembuh : 3.895 orang (191.853)

Meninggal Dunia: 128 orang (10.105)

Provinsi Sumatera Utara

Konfirmasi : 96 orang (9.749)

Sembuh : 139 orang (6.006) 

Meninggal Dunia : 3 orang (410)

Kabupaten Samosir

Suspek : Nihil

Konfirmasi : 1 orang

Sembuh : 1 orang 

Meninggal Dunia : 1 orang