Pjs Ketua TP PKK Kota Medan Hadiri Pelantikan Pengurus TP PKK Pusat Secara Virtual

 

Medan,DP News                 

Penjabat sementara (Pjs) Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang Arief Sudarto Trinugroho mengikuti pelantikan Pengurus TP PKK Pusat Masa Bakti 2020-2024 secara virtual di Kediaman Pjs Wali Kota Medan Komplek Citra Wisata Medan, Rabu (11/11). Kepengurusan PKK Pusat ini dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian yang berlangsung di Aula Lantai 4 Ditjen Bina Pemerintahan Desa.

Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Tri Tito Karnavian menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Pengurus PKK Pusat, ini merupakan langkah untuk mewujudkan Indonesia Maju dan menjadi tantangan bagi pengurus PKK Pusat dalam mendukung mewujudkan program pemerintah.

"Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan sinergitas kita bersama dalam mendukung pemerintah melalui jalinan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah terkait dengan program PKK. Karenanya saya mengajak kepada kita semua seluruh Pengurus PKK dari Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota agar menjalankan fungsi pokok dengan sebaik-baiknya melalui 10 tugas pokok PKK yang harus terus kita gencar kan," ungkap Tri.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian juga menekankan bahwa PKK selaku mitra pemerintah harus mampu berperan sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak. Pembinaan teknis pada keluarga dan masyarakat dilaksanakan dalam kerja sama dengan unsur pemerintah baik pusat maupun daerah.

"TP PKK sebagai perpanjangan tangan pemerintah tentu dapat berperan aktif dalam mendukung penuh setiap program yang pemerintah rancang. Banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah dari pemerintah yang tentunya memerlukan bantuan dan dukungan TP PKK yang pada fungsi dan perannya menyentuh langsung kepada organisasi terkecil dalam masyarakat yakni keluarga. Terutama pada masa pandemi ini. Peran PKK dalam mengedukasi keluarga akan pentingnya mewujudkan lingkungan bersih dan sehat serta Pola Hidup Bersih dan Sehat sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran virus Covid19. Untuk itu, sinergitas ini hemat saya harus terus dilakukan agar Indonesia semakin kuat dan maju," ucap Tito.

Usai mengikuti kegiatan Pelantikan TP PKK Pusat, Pjs Ketua TP PKK Kota Medan Dian Rumondang menyampaikan selamat kepada pengurus TP PKK Pusat, sebagai tolak ukur organisasi TP PKK di daerah, TP PKK pusat memiliki peran penting dalam mengedukasi sekaligus mensupervisi pengurus daerah dalam mewujudkan 10 tugas pokok PKK agar berjalan on the track sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera sejak dari keluarga."

Kami selaku pengurus TP PKK Kota Medan tentunya akan memedomani tindak serta pemikiran dari Pengurus TP PKK Pusat. Segala program yang ada secara implementasi nantinya akan kami duplikasi sesuai dengan kebutuhan yang ada di daerah guna lebih membesarkan organisasi PKK Kota Medan ini sebagai mitra kerja Pemko Medan. Insya Allah, keinginan kita bersama yakni menyejahterakan keluarga akan lebih cepat terealisasi," harapnya.(hot/rd)